Indikator Percaya Diri

Indikator percaya diri adalah merupakan suatu hasil yang nampak pada diri seseorang. Contohnya apabila seseorang berani melakukan suatu aktivitas dan kelihatannya ia tidak ragu memilih dan membuat apa yang harus dibuatnya.
Berikut beberapa indikator percaya diri:
Tampil Percaya Diri
Bekerja sendiri tanpa perlu supervisi, mengambil keputusan tanpa perlu persetujuan orang lain.
Bertindak Independen
Bertindak di luar otoritas formal agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik, namun hal ini dilakukan demi kebaikan, bukan karena tidak mematuhi prosedur yang berlaku.
Menyatakan Keyakinan atas Kemampuan Sendiri
Menggambarkan dirinya sebagai seorang ahli, seseorang yang mampu mewujudkan sesuatu menjadi kenyataan, seorang penggerak, atau seorang narasumber. Secara eksplisit menunjukkan kepercayaan akan penilaiannya sendiri. Melihat dirinya lebih baik dari orang lain.
Memilih Tantangan atau Konflik
Menyukai tugas-tugas yang menantang dan mencari tanggung jawab baru. Bicara terus terang jika tidak sependapat dengan orang lain yang lebih kuat, tetapi mengutarakannya dengan sopan. Menyampaikan pendapat dengan jelas dan percaya diri walaupun dalam situasi konflik.
Share on :


Related post:


1 komentar:

wahyu mengatakan...

sepertinya indikator percaya diri yang pertama sedikit kurang tepat deh, percaya diri bukan berarti bahwa segala tindakanya murni dari dirinya dan tanpa masukan dar orang lain, karena hak ini akan menjadi pendorong timbulnya "over confidence" yang tentunya oleh banyak penelitian mendorong pada prilaku destruktif. mohon koreksinya kalo salah! ;)

Poskan Komentar