Fungsi Persahabatan

Fungsi persahabatan sangat besar, karena manusia adalah makhluk sosial. Gottman & Parker (dalam Santrock,  2002), menyatakan bahwa persahabatan memberikan enam fungsi, yaitu:
  1. Companionship. Persahabatan memberi individu seseorang yang akan menghabiskan waktu bersama dan bergabung dalam aktivitas yang sama. 
  2. Stimulation. Persahabatan sebagai sumber informasi, kegembiraan, dan hiburan. 
  3. Physical support. Persahabatan sebagai sumber daya dan bantuan. 
  4. Ego support. Persahabatan memberikan harapan akan dukungan, semangat, dan umpan balik yang akan membantu dalam mempertahankan kesan sebagai individu yang kompeten, menarik, dan berguna. 
  5. Social comparison. Persahabatan memberikan informasi mengenai dimana posisi individu dalam berhubungan dengan orang lain dan apakah mereka melakukan hal yang benar. 
  6. Intimacy/affection. Persahabatan memberikan hubungan yang hangat, dekat dan mempercayakan dengan individu lain, hubungan yang melibatkan keterbukaan diri.
Peran sahabat lainnya menurut Shaffer (2005) adalah sebagai pemberi dukungan sosial. Wils & Fegan (dalam Sarafino, 2006) menyatakan bahwa dukungan sosial merupakan perasaan nyaman, diperhatikan, dihargai, atau menerima pertolongan dari orang atau kelompok lain. Keterikatan secara sosial dan hubungan dengan orang lain yang berlangsung lama diterima sebagai aspek kepuasan secara emosional dalam kehidupan. Hal ini dapat menghentikan efek dari stres, menolong seseorang menghadapi peristiwa yang membuat stres, dan kemungkinan mengurangi stres akibat keadaan kesehatan yang memprihatinkan (Sarason, dalam Taylor, 2003).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar