Fungsi Pendidikan Luar Sekolah

Fungsi pendidikan luar sekolah sangat besar. Sebagai upaya membantu kehidupan masyarakat dalam bidang pendidikan pada khususnya dan memperoleh pekerjaan, Sudjana (2001) mengemukakan bahwa Pendidikan Luar Sekolah berfungsi:
  1. Suplemen (tambahan), Pendidikan Luar Sekolah memberikan kesempatan pendidikan bagi mereka yang telah menamatkan jenjang pendidikan formal tetapi dalam tempat dan waktu berbeda.  
  2. Komplement (pelengkap) pendidikan sekolah, Pendidikan Luar Sekolah menyajikan seperangkat kurikulum tetap yang dibutuhkan sesuai dengan situasi daerah dan masyarakat. 
  3. Substitusi (pengganti) pendidikan sekolah, Pendidikan Luar Sekolah dapat mengganti fungsi sekolah terutama pada daerah-daerah yang belum dijangkau oleh program pendidikan sekolah.
Berdasarkan pendapat tersebut menunjukan bahwa Pendidikan Luar Sekolah memberikan kesempatan kepada seluruh warga masyarakat baik tua maupun muda untuk melengkapi warga masyarakat yang sedang sekolah dan sebagai penambah bagi mereka yang drop out atau pernah sekolah tetapi tidak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maupun sebagai pengganti bagi mereka yang tidak pernah menduduki bangku sekolah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar