Fungsi Arsip Statis

Fungsi arsip statis sangat besar. Arsip statis dapat dijadikan sebagai bukti otentik dan bukti sejarah yang terpercaya dari suatu kegiatan serta berfungsi sebagai memori kolektif yang menjadi simpul-simpul pemersatu bangsa seiring dengan melemahnya nilai-nilai nasionlalisme dan batas-batas wilayah bangsa pada era reformasi dan globalisasi. Pelestarian dan penyempurnaan pemerintahan, institusi dan organisasi, perhimpunan dan peradaban tergantung pada pelestarian dan pemanfaatan yang efisien akan arsip statis.
Fungsi arsip statis adalah sebagai berikut:  
  1. Sebagai memori perusahaan atau perorangan 
  2. Sebagai pembuktian 
  3. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan 
  4. Sebagai  sumber penelitian, khususnya pene/itian sejarah 
  5. Untuk keselamatan manusia 
  6. Untuk kepentingan masyarakat 
  7. Untuk kepentingan pendidikan dan hiburan 
  8. Memelihara aktivitas hubungan masyarakat 
  9. Arsip statis juga digunakan untuk kepentingan politik dan keamanan 
  10. Untuk menelusur silsilah 
  11. Mempersiapkan sejarah peringatan lembaga atau perorangan 
  12. Anip memberikan sumbangan dalam pembinaan kepribadian nasional serta bermanfaat dalam melindungi warga, hak pribadi, maupun hak lainnya. Sulistyo-Basuki (2003)
Tujuan Arsip Statis 
Tujuan arsip statis pada umumnya sebagai arsip yang dirawat dan dipelihara sehingga mudah untuk ditemukan kembali yang bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat, serta bagi peneliti dan pengguna arsip dalam upaya  melaksanakan suatu kegiatan penelitian.  Menurut Novyanti (2010) arsip statis bagi Pemerintah memiliki tujuan  untuk menjamin keselamatan atas bahan pertanggungjawaban nasional  tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan bangsa  dan negara sesuai dengan kegiatan pemerintah.    
Dari penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa tujuan arsip statis sangat penting untuk menjamin keselamatan arsip yang rawat dan dipelihara agar dapat ditemukan kembali dalam suatu kegiatan penelitian.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar