Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan. Faktor yang mempengaruhi prestasi kerja yang baik menurut Suprihonto (2000), yaitu sebagai berikut:
Faktor kemampuan
Secara psikologis, kemampuan (ability) karyawan terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan reality (knowledge skill) artinya karyawan yang memiliki IQ di atas rata-rata (IQ 110 – 120 ) dengan pendidikan yang memadai untuk jabatanya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Maka karyawan akan lebih mudah untuk mencapi prestasi yang diharapkan.oleh karena itu karyawan perlu ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.
Faktor motivasi
Motivasi terbentuk dari sikap (attitude) seorang karyawan dalam menghadapi situasi kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakan diri karyawan yang terarah untuk mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Martoyo (2007) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan atau produktivitas kerja karyawan adalah motivasi, kepuasan kerja, tingkat stress, kondisi fisik pekerjaan, sistem kompensasi, aspek-aspek ekonomi, aspek-aspek teknis dan prilaku-perilaku karyawan. Menurut Hasibuan (2005) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja adalah kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan.
Steers (1985) dalam Sariyathi (2003) mengemukakan ada tiga faktor penting yang mempengaruhi prestasi kerja yaitu;
  1. Kemampuan, kepribadian dan minat kerja 
  2. Kejelasan dan penerimaan atas penjelasan peran seorang pekerja 
  3. Tingkat motivasi pekerjaan.
Penelitian Neal dan Griffin (1999), yang berjudul Developing a Model Individual Performance for Human Resource Management, menunjukkan bahwa prestasi kerja dipengaruhi oleh pengetahuan dan ketrampilan, motivasi dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Pengetahuan dan ketrampilan mempunyai pengaruh lebih kuat terhadap kinerja konstektual dan teknologi mempunyai hubungan yang lebih kuat terhadap kinerja tugas daripada kinerja konstektual.
Hasibuan (1994) dalam Aminullah (2010) menyatakan bahwa prestasi kerja seorang karyawan  merupakan gabungan dari tiga faktor penting yaitu:
  1. Kemampuan dan minat seseorang pekerja 
  2. Kemampuan dan penerimaan atas penjelasan delegasi tugas dan peran 
  3. Serta tingkat motivasi seorang  pekerja.
Semakin tinggi ketiga faktor tersebut maka semakin besar prestasi kerja karyawan.
Penelitian mengenai prestasi kerja yang dilakukan Ida, Alhabsji, dan Musadieq (2008) menyimpulkan bahwa  faktor motivasi kerja, kemampuan kerja, gaya kepemimpinan situasional dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja.
Penelitian yang dilakukan Rokhimah (2007) menyimpulkan bahwa;
  1. Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi dan kemampuan karyawan terhadap prestasi kerja karyawan 
  2. Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja terhadap prestasi kerja 
  3. Terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan kerja terhadap prestasi kerja.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar