Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemaafan

Menurut McCullough (2000) ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemaafan pada seseorang. Faktor-faktor tersebut dapat dilihat dalam tiga kategori, yaitu:
Proses emosional dan kognitif
Adapun hal yang termasuk dalam proses emosional dan kognitif adalah empati, perspektif saling menerima, ruminasi dan supresi. Empati dan perspektif saling menerima cukup berperan dalam kualitas prososial seseorang seperti keinginan untuk menolong orang lain, hal ini akan tampak jelas dalam memaafkan. Perasaan empati yang berdampak kepada orang yang telah menyakiti kita dan memahami perspektif kognitifnya mempunyai korelasi yang tinggi dalam pengukuran memaafkan yang dilakukan oleh McCullough secara umum. Ruminasi diartikan sebagai sulitnya untuk melupakan orang yang telah menyakiti. Karena pikiran, perasaan dan gambaran buruk tentangnya selalu muncul dan mengganggu diri individu. Hal-hal tersebut muncul karena peristiwa buruk yang pernah dialami karena kesalahan orang lain tersebut ditekan, dan dalam hal ini individu melakukan supresi. 
Kualitas dari suatu hubungan
Faktor-faktor hubungan-seperti kedekatan, komitmen dan kepuasan-juga merupakan faktor yang menentukan dalam memaafkan. Orang-orang yang cenderung lebih bisa memaafkan dalam suatu hubungan dikarakteristikkan dengan adanya kedekatan, komitmen dan kepuasan. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan terhadap 100 pasangan, baik itu sebagai orang yang memaafkan maupun sebagai orang yang sudah menyakiti pasangannya. Kedua-duanya melaporkan adanya tingkatan kedekatan, komitmen maupun kepuasan yang dihubungkan dengan tingkatan memaafkan.
Faktor situasi
Variabel lainnya yang memiliki pengaruh terhadap memaafkan adalah keberadaan faktor apology. Faktor ini  sering dihubungkan dengan negoisasi. Kemunculan apology ini dianggap sebagai faktor yang berpotensi bagi kontrol orang yang telah menyakiti individu dan bagaimana hubungan akan terus berlanjut ketika pemaafan sudah dilakukan. 
Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemaafan pada seseorang yang dapat dilihat dalam tiga kategori yaitu; proses emosional dan kognitif (seperti empati, perspektif saling menerima, ruminasi dan supresi); kualitas dari suatu hubungan (seperti kedekatan, komitmen dan kepuasan); dan faktor situasi (yaitu apology).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar