Elemen Musik Rock

Terdapat beberapa elemen music rock. Menurut Kamien (2004), elemen music rock adalah sebagai berikut:
Tone Color
Suara gitar listrik pada musik rock sangat berbeda dengan suara gitar pada musik pop. Suara gitar pada musik rock sering dimanipulasi secara elektronik untuk menghasilkan range nada yang luas. Bersamaan dengan penyanyi (yang juga memainkan alat musik), kelompok musik rock memiliki dua buah gitar elektrik (lead dan rhythm), bass elektrik, perkusi, piano elektrik (keyboard), dan synthetisizer. Beberapa kelompok juga menggunakan satu atau lebih terompet, trombon, atau saxophone.
Selama tahun 1970 dan 1980, musisi rock mengeksploitasi penambahan kapasitas synthetizer dan komputer. Teknologi elektronik membuat hal tersebut menjadi mungkin sehingga suara yang dihasilkan seperti suara suatu ensemble yang besar. Tahun 1990-an, range nada pada kebanyakan kelompok rock diperluas oleh keterlibatan disk jockey yang memanipulasi rekaman. Gaya bernyanyi musisi rock sangat bervariasi dan berbeda dengan musisi pop. Penyanyi rock biasanya berteriak, menangis, meratap, menggeram, dan menggunakan suara falsetto.
Rhythm
Rock didasari oleh ketukan yang sangat kuat pada birama 4/4 dengan tekanan yang kuat pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar. Setiap ketukan dibagi menjadi dua not equal sehingga menghasilkan delapan ketukan yang lebih cepat.
Form, Melody, dan Harmony
Lagu rock cenderung memiliki pola melodi yang diulang-ulang.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar