Azas Pendidikan Luar Sekolah

Terdapat beberapa azas pendidikan luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah tumbuh dan berkembang bertumpu pada empat azas, seperti yang dikemukakan oleh Sudjana yaitu:
  1. Azas kebutuhan 
  2. Azas pendidikan sepanjang hayat 
  3. Azas relevansi dengan pengembangan masyarakat 
  4. Azas wawasan ke masa depan.
Azas kebutuhan, memberikan makna bahwa setiap program pendidikan nonformal berorientasi pada usaha-usaha untuk memenuhi kebutuhan warga belajar.
Azas pendidikan sepanjang hayat, memberikan penekanan bahwa saat untuk mengalami belajar adalah seumur hidup dan sepanjang hayat yang berfungsi sebagai kekuatan untuk memotivasi warga belajar agar belajar berdasarkan dorongan dan arahan dari dirinya.
Azas relevansi dengan pengembangan masyarakat, mengandung makna bahwa kehadiran pendidikan nonformal didasarkan atas tuntutan pengembangan masyarakat dan berperan penting dalam mengembangkan masyarakat.
Azas wawasan ke masa depan, memberikan makna bahwa pendidikan nonformal sebagai bagian dari Pendidikan Nasional yang program-programnya berkaitan dengan berbagai sektor pembangunan, untuk memantapkan tugas pokoknya agar berorientasi pada perubahan masyarakat yang mungkin terjadi di masa depan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar