Tujuan Literasi Informasi

Tujuan literasi informasi sangat penting. Literasi informasi merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki seseorang terutama dalam dunia perguruan tinggi karena pada saat ini semua orang dihadapkan dengan berbagai jenis sumber informasi yang berkembang sangat pesat, namun belum tentu semua informasi yang ada dan diciptakan tersebut dapat dipercaya dan sesuai dengan kebutuhan informasi para pencari informasi. Literasi informasi akan memudahkan seseorang untuk belajar secara mandiri dimana pun berada dan berinteraksi dengan berbagai informasi.
Literasi informasi juga sangat berguna dalam dunia perguruan tinggi untuk mendukung pendidikan dan dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi yang mengharuskan peserta didik untuk menemukan informasi bagi dirinya sendiri dan memanfaatkan berbagai sumber informasi. Selain itu dengan memiliki literasi informasi maka para peserta didik mampu berpikir secara kritis dan logis serta tidak mudah percaya terhadap informasi yang diperoleh sehingga perlu mengevaluasi terlebih dahulu informasi yang diperoleh sebelum menggunakannya.
Menurut Doyle dalam Wijetunge (2005:33) dengan memiliki keterampilan literasi informasi maka seorang individu mampu:
  1. Menentukan informasi yang akurat dan lengkap yang akan menjadi dasar dalam membuat keputusan. 
  2. Menentukan batasan informasi yang dibutuhkan. 
  3. Memformulasikan kebutuhan informasi. 
  4. Mengidentifikasi sumber informasi potensial. 
  5. Mengembangkan strategi penelusuran yang sukses. 
  6. Mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien. 
  7. Mengevaluasi informasi. 
  8. Mengorganisasikan informasi. 
  9. Menggabungkan informasi yang dipilih menjadi dasar pengetahuan seseorang. 
  10. Menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut UNESCO (2005:1) literasi informasi memampukan seseorang untuk menafsirkan informasi sebagai pengguna informasi dan menjadi penghasil informasi bagi dirinya sendiri.
UNESCO juga mengatakan bahwa tujuan literasi informasi adalah:
  1. Memampukan seseorang agar mampu mengakses dan memperoleh informasi mengenai kesehatan, lingkungan, pendidikan, pekerjaan mereka dan lain-lain. 
  2. Memandu mereka dalam membuat keputusan yang kritikal mengenai kehidupan mereka. 
  3. Lebih bertanggung jawab terhadap kesehatan dan pendidikan mereka.
Literasi informasi dibutuhkan di era globalisasi informasi agar pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dan teknologi komunikasi dan aplikasinya untuk mengakses dan membuat informasi. Misalnya kemampuan dalam menggunakan alat penelusuran internet. Berdasarkan tujuan yang diuraikan di atas, maka literasi informasi memiliki tujuan dalam membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhan informasinya baik untuk kehidupan pribadi (pendidikan, kesehatan, pekerjaan) maupun lingkungan masyarakat.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar