Strategi Self-Regulated Learning

Terdapat beberapa strategi self-regulated lerning. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Zimmerman dan Martinez-Pons (dalam Boerkarts, Pintrich, & Zeidner, 2000) ditemukan empat belas strategi self-regulated learning sebagai berikut.
  1. Evaluasi terhadap diri (self –evaluating) --- Merupakan inisiatif peserta didik dalam melakukan evaluasi terhadap kualitas dan kemajuan pekerjaannya. 
  2. Mengatur dan mengubah materi pelajaran (organizing and transforming) --- Peserta didik mengatur materi yang dipelajari dengan tujuan meningkatkan efektivitas proses belajar. Perilaku ini dapat bersifat covert dan overt. 
  3. Membuat rencana dan tujuan belajar (goal setting & planning) --- Strategi ini merupakan pengaturan peserta didik terhadap tugas, waktu dan menyelesaikan kegiatan yang berhubungan dengan tujuan tersebut. 
  4. Mencari informasi (seeking information) --- Peserta didik memiliki inisiatif untuk berusaha mencari informasi di luar sumber-sumber sosial ketika mengerjakan tugas. 
  5. Mencatat hal penting (keeping record & monitoring) --- Peserta didik  berusaha mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan topik yang dipelajari. 
  6. Mengatur lingkungan belajar (environmental structuring) --- Peserta didik berusaha mengatur lingkungan belajar dengan cara tertentu sehingga membantu mereka untuk belajar dengan lebih baik. 
  7. Konsekuensi setelah mengerjakan tugas (self consequating) --- Peserta didik mengatur atau membayangkan reward dan punisment bila sukses atau gagal dalam mengerjakan tugas atau ujian. 
  8. Mengulang dan mengingat (rehearsing & memorizing)--- Peserta didik berusaha mengingat bahan bacaan dengan perilaku overt dan covert. 
  9. Meminta bantuan teman sebaya (seek peer assistance) --- Bila menghadapi masalah yang berhubungan dengan tugas yang sedang dikerjakan, peserta didik meminta bantuan teman sebaya. 
  10. Meminta bantuan guru/pengajar (seek teacher assistance) --- Bertanya kepada guru di dalam atau pun di luar jam belajar dengan tujuan untuk dapat membantu menyelesaikan tugas dengan baik. 
  11. Meminta bantuan orang dewasa (seek adult assistance) --- Meminta bantuan orang dewasa yang berada di dalam dan di luar lingkungan belajar bila ada yang tidak dimengerti yang berhubungan dengan pelajaran 
  12. Mengulang tugas atau test sebelumnya (review test/work) --- Pertanyaan-pertanyaan ujian terdahulu mengenai topik tertentu dan tugas yang telah dikerjakan dijadikan sumber infoemasi untuk belajar. 
  13. Mengulang catatan (review notes) --- Sebelum mengikuti tujuan, peserta didik meninjau ulang catatan sehingga mengetahui topik apa saja yang akan di uji. 
  14. Mengulang buku pelajaran (review texts book) --- Membaca buku merupakan sumber informasi yang dijadikan pendukung catatan sebagai sarana belajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال