Penilaian Kinerja Dosen

Penilaian kinerja dosen merupakan sebuah penilaian yang sangat penting, untuk menghasilkan tenaga-tenaga dosen yang handal dan terampil dibidangnya. Proses penilaian adalah suatu aktivitas yang dirancang untuk membantu personil memperoleh keuntungan baik secara individual, kelompok dan keorganisasian. Prosedur peninjauan presentasi formal akan berupa keuntungan  baik bagi dosen maupun perguruan tinggi. Sasaran sistem penilaian yaitu: (1) untuk mengakui kontribusi individu-individu, dan (2) untuk menciptakan manfaat staf yang paling efektif (Mc Kenna & Nic Beech, 2000:156).
Berkaitan dengan penilaian dosen, pimpinan perguruan tinggi bertanggung jawab melakukan penilaian unjuk kerja dan survey semangat kerja dosen. Menurut Mondey dan Noe (1995), penilaian unjuk kerja adalah sebuah sistem formal untuk memeriksa/mengkaji dan mengevaluasi secara berkala untuk kerja seseorang. Cascio (1912) mendefinisikan penilaian unjuk kerja sebagai uraian sistematik tentang kekuatan/kelebihan dan kelemahan yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang atau sebuah kelompok.
Dari dua pendapat di atas berarti penilaian kinerja dosen berkait dengan proses mengevaluasi atau menilai prestasi kerja dosen dengan memperhatikan:
  1. Yang dinilai adalah manusia yang memiliki kelebihan atau kekurangan.
  2. Penilaian yang dilakukan pada serangkaian tolak ukur tertentu yang realistik, berkaitan langsung dengan tugas seseorang serta kriteria yang ditetapkan dan diterapkan secara objektif. 
  3. Hasil penilaian harus disampaikan kepada dosen yang dinilai. 
  4. Hasil penilaian yang dilakukan secara berkala tersebut didokumentsikan dengan rapih dalam arsip kepegawaian. 
  5. Hasil penilaian dosen menjadi bahan masukan dalam setiap keputusan mengenai dosen.  
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar