Pengertian Pengembangan Diri

Pengertian pengembangan diri adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran wajib yang merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam pengembangan diri, diantaranya pemecahan masalah pribadi dan kehidupan sosial, penanganan masalah belajar, pengembangan karir, dan kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam ekstrakurikuler.
Pengembangan diri pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama ditujukan untuk bimbingan karir dan pengembangan kreativitas peserta didik. Program pengembangan diri ditentukan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik dengan menyebarkan angket kepada peserta didik.
Alokasi waktu pengembangan diri setara (ekuivalen) dengan dua jam pelajaran. Pembimbing dari kegiatan pengembangan diri adalah pendidik, instruktur dan alumni di bawah koordinasi konselor (guru Bimbingan Konseling atau Bimbingan Penyuluhan). Penilaian pengembangan diri dilakukan dengan cara observasi dan bentuk nilainya diberikan secara kualitatif deskriptif. Penilai pengembangan diri dilakukan oleh pembimbing kegiatan pengembangan diri di bawah koordinasi konselor (guru BK/BP).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar