Pengertian Opini Publik

Pengertian opini publik dapat dijelaskan secara detail dengan melihat asal katanya. Opini publik berasal dari bahasa Inggris, Public Opinion. Menurut Djoenasih S. Soenarjo, dalam bukunya Opini Publik, opini public dalam bahasa Indonesia sering siterjemahkan dengan pendapat umum, dengan demikian public diterjemahkan dengan ‘umum’ sedangkan opinion dialihbahasakan dengan ‘pendapat’. Dengan demikian opini public adalah kumpulan pendapat individu terhadap masalah tertentu yang mempengaruhi suatu kelompok orang-orang (masyarakat).
Salah satu fungsi public relation (PR) adalah menjaga hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publik yang akan menciptakan opini public. Para ahli public relation (PR) mengatakan bahwa semakin kita memiliki banyak relasi, akan semakin sukseslah public relation (PR) kita. Dengan relasi yang semakin kita pupuk, kita akan dengan mudah memunculkan opini publik yang masuk. Ini artinya perbaikan maupun perkembangan organisasi bisa lebih efektif. Organisasi akan lebih mudah berkembang, kebutuhan dan keinginan publik akan mudah direalisasikan secara tepat.
Opini publik identik dengan pengertian keterbukaan dalam mengungkapkan ide, pendapat, keinginan, kebutuhan, keluhan, kritik yang membangun dan kebebasan dalam penulisan. Dengan kata lain, opini public merupakan efek dari kebebasan dalam mengungkapkan ide-ide dan pendapat. Public relation (PR)  harus mampu mempengaruhi media untuk menciptakan opini public.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar