Pengertian Komunikasi Organisasi

Pengertian komunikasi organisasi adalah salah satu bentuk hubungan komunikasi antar dan antara anggota organisasi. Komunikasi dibutuhkan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain karena komunikasi merupakan pengaruh dan alat dalam aktivitas manusia. Komunikasi dapat menjadi saran-saran guna terciptanya ide bersama, memperkuat perasaan kebersamaan melalui tukar-menukar pesan (informasi), menggambarkan emosi dan kebutuhan mulai dari yang paling sederhana sampai yang kompleks.
Panuju (2001) mengatakan bahwa komunikasi merupakan suatu hubungan dimana terdapat tukar-menukar pendapat atau informasi di antara pihak-pihak yang berkomunikasi baik secara individu maupun kelompok.
Komunikasi juga dapat diartikan sebagai “transfer informasi” atau pesan-pesan dari pengirim pesan sebagai komunikator kepada penerima pesan sebagai komunikan yang bertujuan untuk mencapai saling pengertian (mutual understanding) antara kedua belah pihak. “Organisasi adalah sekelompok orang yang saling bekerja sama untuk tujuan tertentu. Komunikasi merupakan perekat antara kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik” (Purwanto, 2006). Komunikasi penting bagi organisasi karena komunikasi merupakan alat utama bagi anggota organisasi untuk dapat bekerja sama dalam melakukan aktifitas manajemen demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Lumban Gaol (2005) menjelaskan perbedaan antara komunikasi dengan komunikasi organisasi yaitu komunikasi adalah aktivitas yang berlaku dalam proses pertukaran pesan yang bermakna melalui seseorang atau sekumpulan orang dengan pihak lain yang menerima semua tindakan dan ujaran sedangkan komunikasi organisasi merupakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekumpulan orang untuk memenuhi keperluan organisasi baik pada tingkat internal atau eksternal dan lingkungannya yang kompleks. Komunikasi organisasi pada tingkat internal adalah komunikasi di dalam organisasi mencakup dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas antara pimpinan dengan karyawannya sedangkan komunikasi pada tingkat eksternal adalah komunikasi di luar organisasi mencakup komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan, pemegang saham, pemasok, nasabah, mitra kerja dan komunitas lokal.
Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu kegiatan organisasional yang menyangkut pertukaran informasi dalam lingkungan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar