Pengertian Keunggulan Bersaing

Pengertian keunggulan bersaing menurut Crown Dirgantoro dalam (2001) adalah perkembangan dari nilai yang mampu diciptakan perusahaan untuk pembelinya”. Menurut Agustinus Sri Wahyudi (1996) memberikan pengertian keunggulan bersaing, adalah: “Sesuatu yang memungkinkan sebuah perusahaan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata keuntungan yang diperoleh pesaing dalam industri. Semakin kuat keunggulan yang dimiliki akan semakin tinggi keuntungan yang diperoleh perusahaan dan begitu pula sebaliknya”.
Pengertian keunggulan bersaing (Competitive advantage) menurut Michael E Porter (2008)  adalah suatu kemampuan suatu perusaha an untuk meraih  keuntungan ekonomis di atas laba yang mampu diraih oleh pesaing di  pasar dalam industri yang sama. Perusaha an yang memiliki keunggul  an kompetitif  senantiasa memiliki kemampuan dalam memaha mi  perubahan struktur pasar dan mampu memilih strategi pemasaran yang  efektif  
Sedangkan Noe et al (2003), memberikan pengertian keunggulan bersaing sebagai kemampuan perusahaan untuk membuat produk atau penawaran layanan yang lebih dihargai oleh pelanggan dibandingkan dengan perusahaan yang bersaing .
Selanjutnya Sampurno (2010) menjelaskan bahwa keunggulan bersaing adalah Kemampuan, asset, skill, kapabilitas dan lainnya  yang menampukan  perusahan untuk bersaing secara efektif di dalam industri”. Sedangkan keunggulan bersaing menurut Peter Senge (2000)  keunggulan bersaing yang terus bertahan adalah kemampuan organisasi  anda untuk belajar lebih cepat dari  pada pesaingnya.”
Berdasarkan pengertian diatas maka keunggulan bersaing tidak dapat dipahami dengan memandang perusahaan sebagai satu keseluruhan. Keunggulan bersaing berasal dari banyak aktivitas berlainan yang dilakukan perusahaan dalam mendesain, memproduksi, memasarkan, menyerahkan, mendukung produknya. Masing–masing aktivitas dapat mendukung posisi biaya relatif perusahaan dan menciptakan dasar untuk diferensiasi.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar