Pengertian Kebutuhan

Pengertian kebutuhan menurut Siagian ialah keadaan internal seseorang yang menyebabkan hasil usaha tertentu menjadi menarik. Artinya suatu kebutuhan yang belum terpuaskan menciptakan “ketegangan” yang pada gilirannya menimbulkan dorongan tertentu dalam diri seseorang.
Bila suatu kebutuhan tidak terpuaskan, maka orang itu tidak bahagia. Semakin besar kebutuhan yang tidak terpuaskan, maka semakin mendalam dan semakin sentral kebutuhan itu. Seseorang yang tidak bahagia akan melakukan satu dari dua hal yaitu mencari obyek yang akan memuaskan kebutuhan tersebut atau meniadakan hasratnya. Jadi suatu kebutuhan adalah sesuatu yang diinginkan seseorang pada suatu saat tertentu.
Manusia (karyawan) bekerja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain itu merupakan manisfestasi ibadah kepada Tuhan-Nya, pengabdian kepada masyarakat dan negara, disamping itu dijadikan pula sebagai kegiatan sosial untuk mempertahankan kelangsungan hidup serta kepuasan dalam dirinya serta orang lain disekitarnya.
Manusia melakukan suatu pekerjaan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan bersifat material maupun kebutuhan bersifat non material. Kebutuhan yang bersifat material yang dimaksud adalah besar upah dan penerimaan-penerimaan lain yang dapat dinilai dengan uang seperti sandang, pangan, papan. Sedangkan yang dimaksud dengan kebutuhan yang bersifat non material adalah kebutuhan-kebutuhan yang mereka perlukan yang bilamana dipenuhi akan dapat juga menimbulkan kepuasan, tapi kebutuhan-kebutuhan ini tidak bersifat material, misalnya: perasaan harga diri, rasa kebangsaan, dipenuhinya keinginan berpartisipasi dan sebagainya.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar