Pengertian Jenis Kelamin

Pengertian jenis kelamin atau dalam bahasa Inggrisnya adalah seks, adalah merupakan suatu akibat dari dimorfisme seksual (perbedaan sistematik tampakan luar antar individu yang mempnuyai perbedaan jenis kelamin dalam spesies sama).
Pengertian jenis kelamin (seks) menurut Hungu (2007) adalah perbedaan antara perempuan dengan laki-laki secara biologis sejak seseorang lahir. Seks berkaitan dengan tubuh laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki memproduksikan sperma, sementara perempuan menghasilkan sel telur dan secara biologis mampu untuk menstruasi, hamil dan menyusui. Perbedaan biologis dan fungsi biologis laki-laki dan perempuan tidak dapat dipertukarkan diantara keduanya, dan fungsinya tetap dengan laki-laki dan perempuan pada segala ras yang ada di muka bumi.
Pada kebanyakan hewan non-hermafrodit, tumbuhan berumah dua (dioecious), dan berbagai organisme rendah orang menyebutnya jantan dan betina. Jantan adalah kelompok yang menyediakan spermatozoid (sel gamet yang aktif bergerak), sedangkan betina adalah kelompok yang menyediakan sel gamet yang statik dan menunggu untuk dibuahi.
Adanya alat kelamin yang khas untuk masing-masing seringkali dijadikan penciri bagi masing-masing jenis kelamin. Sebagi tambahan, sering kali tampak ciri-ciri sekunder yang terjadi seperti pada manusia (misalnya payudara dan sebaran rambut), banyak unggas (seperti pada ayam dan merak, serta sejumlah mamalia (contoh yang mudah terlihat adalah singa).
Terdapat 5 jenis kelamin yang dimiliki manusia, hewan dan tumbuhan antara lain:
  1. Laki-laki (Seorang memiliki kemaluan dan mukanya laki-laki) 
  2. Perempuan (Seorang memiliki kemaluan dan mukanya perempuan) 
  3. Waria (Seorang memiliki kemaluan laki-laki tetapi mukanya seperti perempuan) 
  4. Riawa (Seorang memiliki kemaluan perempuan tetapi mukanya seperti laki-laki) 
  5. Hermaprodit (Seorang memiliki kemaluan ganda tetapi mukanya belum tentu disebut laki-laki atau perempuan)
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar