Pengertian Hasil Belajar

Para ahli memberikan pengertian hasil belajar sebagai sebuah hasil evaluasi belajar. Secara lengkap, pengertian hasil belajar oleh beberapa ahli adalah sebagai berikut.
Leo Sutrisno (2008) memberikan pengertian hasil belajar sebagai gambaran tingkat penguasaan siswa terhadap sasaran belajar pada topik bahasan yang dieksperimenkan, yang diukur dengan berdasarkan jumlah skor jawaban benar pada soal yang disusun sesuai dengan sasaran belajar.
Suyono (2009) menyatakan ”hasil belajar dapat dijelaskan denganmemahami dua kata yang membentuknya, yaitu “hasil” dan “belajar”. Pengertian hasil menunjuk kepada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas yang mengakibatnya berubahnya input secara fungsional”.
Purwanto (1989) menyatakan bahwa ”hasil belajar adalah suatu yang digunakan untuk menilai hasil pelajaran yang telah diberikan kepada dalam waktu tertentu”.
Slameto (1993) menyatakan ”hasil belajar merupakan tolok ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang prestasinya tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar”.
Berdasarkan berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian hasil belajar adalah tingkat pengetahuan yang dicapai siswa terhadap materi yang diterima ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar