Pengertian Harga Pokok Produksi

Sebelum membicarakan pengertian harga pokok produksi, perlu dibedakan pengertian antara biaya produksi dengan harga pokok produksi, karena keduanya tidak sama. Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi.
Biaya produksi ini dibagi menjadi tiga elemen, yakni:
  1. Biaya bahan baku 
  2. Biaya tenaga kerja 
  3. Overhead Pabrik
Harga pokok produksi adalah biaya produksi setelah memperhitungkan barang dalam proses atau barang setengah jadi. Menurut Rybun (1999) harga pokok produksi meliputi keseluruhan bahan langsung, tenaga kerja langsung dan overhead pabrik yang dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa. Penetapan jumlah harga pokok produksi diawali dengan jumlah harga pokok produksi barang dalam proses pada awal periode.
Jumlah ini kemudian ditambah dengan biaya bahan baku yang dimasukkan dalam produksi; biaya upah yang diperlukan untuk memproses bahan baku dan seluruh biaya lainnya untuk jasa-jasa dan fasilitas yang digunakan dalam produksi, termasuk supervisi pabrik, upah tak langsung, pemakaian bahan pembantu pabrik, amortisasi paten, penerangan, pemanasan, pembangkit pabrik. Biaya-biaya ini merupakan produk cost yang akan tetap melekat pada nilai persediaan sampai produk tersebut dijual. Pada saaat dijual, nilai persediaan barang jadi akan ditransfer menjadin harga pokok penjualan.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

Jefry mengatakan...

bener juga ya overhead pabrik harus dihitung sebagai bagaian dari biaya produksi agar tidak rugi

Poskan Komentar