Pengertian Ekuitas Merek

Ada banyak ahli pemasaran yang memberikan pengertian ekuitas merek. Pengertian ekuitas merek menurut David Aaker yang dikutip oleh Tjiptono (2005:38) adalah sebagai berikut: Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.
Ekuitas merek merupakan sebuah fase yang dengan cepat bergerak ke dalam aliran utama setelah menghabiskan seluruh hidup dalam dinding departeman pemasaran. Ekuitas adalah jumlah total berbagai nilai yang berbeda dilekatkan orang kepada suatu merek, yang terdiri dari campuran faktor emosional dan praktis.
Menurut Duane E. Knapp (2002) pengertian ekuitas merek adalah “Totalitas dari persepsi merek, mencakup kualitas relatif dari produk dan jasa, kinerja keuangan, loyalitas pelanggan, kepuasan, dan keseluruhan penghargaan terhadap merek”. Lamb, Hair, McDaniel (2000) mengatakan bahwa istilah ekuitas merek menujukkan nilai dari perusahaan dan nama merek.
Selain definisi-definisi di atas, Philip Kotler serta Keller dalam Handayani (2010) memberikan pengertian ekuitas merek sebagai: Brand equity adalah sejumlah aset dan liabilitas yang berhubungan dengan merek, nama, dan simbol, yang menambah atau mengurangi nilai dari produk atau pelayanan bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar