Pengertian Budaya Perusahaan

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, pengertian budaya perusahaan terdapat dua arti yaitu secara Etimologis dan Terminologis. Arti budaya secara Etimologis, kata budaya berasal dari bahasa sansekerta Buddhayah yang diartikan sebagai hal-hal yang dikaitkan dengan budi dan akal manusia, sinonimnya adalah kultur yang berasal dari Bahasa Inggris Culture atau Cultuur dari Bahasa Belanda. Kata Culture sendiri berasal dari Bahasa Latin Colere (dengan akar kata “Calo” yang berarti mengolah atau mengerjakan, atau dapat diartikan juga sebagai mengelola tanah atau bertani). Arti kata Budaya secara Terminologis “Budaya adalah suatu hasil dari budi dan atau daya, cipta, karsa, pikiran dan adat istiadat manusia yang secara sadar maupun tidak, dapat diterima sebagai sesuatu yang beradab”.
            Arti kata Perusahaan secara Terminologis: “Perusahaan adalah tubuh atau alat tubuh, aturan, susunan, perkumpulan dari kelompok tertentu dengan dasar ideologi bersama”. Arti kata Perusahaan secara Etimologis “Perusahaan adalah kesatuan (Entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif yang terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan”.
            Berdasarkan pengertian di atas, untuk mengkaji lebih dalam mengenai budaya perusahaan, berikut ini pengertian-pengertian yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya yaitu:
Menurut Robbins, Stephen dan Timothy A. Judge (2008), menyatakan bahwa: “Budaya perusahaan mengacu ke suatu sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan perusahaan itu dari perusahaan lain”.
Menurut Djoko Santoso Moeljono (2005) menyatakan bahwa: “Budaya perusahaan adalah peramuan berpola top-middle-bottom, kemudian disemaikan ke setiap sel organisasi, dan menjadi nilai-nilai kehidupan bersama, yang dapat muncul dalam bentuk perilaku formal dan informal”.
Sedangkan Menurut Eugene Mckenna dan Nic Beech yang diterjemahkan oleh Totok Budi Santosa (2008), menyatakan bahwa: “Budaya perusahaan merupakan kumpulan nilai, kepercayaan, sikap dan perilaku yang dipegang oleh anggota yang berada di suatu perusahaan.”
Dari berbagai definisi di atas pada prinsipnya budaya perusahaan merupakan nilai, anggapan, asumsi, sikap, dan norma perilaku yang telah melembaga kemudian berwujud dalam penampilan, sikap, dan tindakan, sehingga menjadi identitas dari suatu perusahaan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar