Pembentukan Opini Publik

Proses pembentukan opini publik merupakan sebuah proses yang kompleks yang melibatkan proses psikologis, sosial, kultural dan lain-lain. Public Relation (PR) harus mampu mempengaruhi media untuk menciptakan opini publik. Dalam perkembangnnya telah diadakan penelitian-penelitian yang seksama tentang opini publik yang semakin jelas dan bermanfaat dalam mengembangkan organisasi-organisasi. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa teori tentang opini publik itu dikosentrasikan pada masalah-masalah berikut.
Opini publik, bila ditanggapi secara tepat, objektif, jujur, transparan, dan didasarkan pada fungsi manajemen, umumnya akan membawa perubahan. Ini menunjukkan adanya perkembangan dari organisasi tersebut , dan opini publik sebagai efeknya. Bagaimana kita bisa mengetahui sejauh mana opini publik mempunyai kekuatan sampai pada terciptanya perubahan?
Hal ini sangat bergantung pada dasar munculnya opini publik tersebut. Kalau itu karena arus informasi yang tidak tersaring dan terolah, hanya mau ikut-ikutan saja, pasti tidak akan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perubahan. Juga bila munculnya opini public itu karena adanya perasaan iri hati, pasti tidak akan mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi perubahan.
Namun, kalau opini public tersebut muncul karena adanya kepercayaan yang kuat, hal ini tentu akan bisa mempengaruhi perubahan. Adanya saling percaya dan opini public disadari untuk memperbaiki produk atau jasa yang berarti juga perbaikan pada organisasi atau perusahaan dan akhirnya akan memberi keuntungan bagi semua pihak. Berdasarkan kepercayaan tadi, pengaruhnya sangat kuat untuk menanggapinya secara berkualitas dampak bagi kedua belah pihak akan memiliki nilai yang memuaskan. Hal ini, akan mempengaruhi kelangsungan hidup organisasi karena adanya saling percaya antar organisasi dengan publik.
Adanya kepercayaan, sikap semakin terbuka, jujur, objektif, dan transparan akan mudah menyampaikan opini publik itu. Bila opini publik diciptakan secara terus menerus, publik akan memperoleh gambaran yang jelas terhadap organisasi. Akibatnya, ada kepercayaan terhadap organisasinya dan mereka akan dengan senang hati menggunakan produk dan jasa yang diberikan itu. Artinya, bahwa publik sungguh-sungguh akan mendapat produk yang diharapkan dan organisasi akan bisa mencapai tujuannya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar