Manfaat Citra Perusahaan yang Positif

Banyak manfaat citra perusahaan yang positif. Beberapa perusahaan, terutama perusahaan yang bersifat terbuka yang memperjualbelikan sahamnya kepada umum, citra positif merupakan hal yang paling utama dalam keberlangsungan perusahaan tersebut.
Beberapa manfaat citra perusahaan yang positif (positive corporate image) adalah (Philip Kotler dan Howard Barich, 1991):
  1. Daya saing jangka menengah dan panjang yang mantap --- Citra perusahaan yang baik dan kuat akan tumbuh menjadi kepribadian perusahaan. Citra baik perusahaan dapat menjadi keunggulan kompetitif perusahaan dan pembatas bagi perusahaan saingan yang ingin memasuki segmen pasar yang dilayani perusahaan tersebut. 
  2. Menjadi perisai selama masa krisis --- Operasi bisnis perusahaan tidak selamanya berjalan dengan mulus. Ada kalanya menghadapi masa-masa kritis. Perusahaan dengan citra baik memungkinkan masyarakat dapat memahami atau memberikan maaf pada kesalahan yang dibuat perusahaan, yang menyebabkan mereka mengalami krisis. 
  3. Menjadi daya tarik eksekutif handal Ekesekutif handal menjadi harta yang berharga bagi perusahaan manapun. Mereka ibarat roda yang memutar operasi bisnis sehingga tujuan usaha perusahaan dapat tercapai. 
  4. Meningkatkan efektifitas strategi pemasaran --- Citra baik perusahaan menunjang efektifitas strategi pemasaran produk. Harapan perusahaan dengan citra baik untuk berhasil menerjunkan produk atau merek baru ke pasar, jauh lebih besar dibandingkan perusahaan yang belum banyak dikenal orang. 
  5. Penghematan biaya operasional --- Perusahaan dengan citra yang baik membutuhkan usaha dan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan yang belum dikenal konsumen untuk mempromosikan produk. 
  6. Meningkatkan dukungan terhadap perusahaan atau produknya 
  7. Menarik investor yang ideal dan meningkatkan loyalitas konsumen 
  8. Memperoleh penghasilan yang stabil 
  9. Meningkatkan kebanggaan dan loyalitas karyawan perusahaan 
  10. Meningkatkan hubungan baik dengan pemerintah dan media 
  11. Menjadi modal yang berharga dalam memenangkan persaingan karena citra positif perusahaan merupakan keunggulan perusahaan
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar