Klasifikasi Pelayanan Publik

Klasifikasi pelayanan publik dapat dikelompokkan kedalam beberapa bagian. Pelayanan publik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan memberikan bantuan atau kemudahan untuk mencapai tujuan tertentu.
 Adapun jenis dan klasifikasi pelayanan publik adalah sebagai berikut:
  1. Businees service adalah menyangkut pelayanan dalam kegiatan-kegiatan konsultasi, keuangan dan perbankan 
  2. Trade service adalah menyangkut kegiatan pelayanan dan penjualan, perlengkapan dan perbaikan. 
  3. Infrastructure service adalah meliputi kegiatan-kegiatan pelayanan dalam komunikasi dan transportasi. 
  4. Social and personal service adalah meliputi kegiatan rumah makan dan pemeliharaan kesehatan. 
  5. Public administration adalah pelayanan dari pemerintah yang membantu kestabilan lingkungan dalam investasi dan pertumbuhan ekonomi (Moenir 2004).
Kegiatan-kegiatan pelayanan publik mempunyai berbagai jenis tergantung dari pelayanan publik yang diinginkan. Pelayanan informasi Website merupakan bagian rangka memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi sesuai dengan kepentingannya, secara teoritis tujuan dari pelayanan publik pada dasarnya adalah memuaskan masyarakat.
Untuk mencapai kepuasan itu dituntut kualitas pelayanan yang tercermin dari:
  1. Transparansi adalah pelayanan yang bersifat terbuka mudah yang dapat diaskes oleh pihak yang membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti. 
  2. Akuntabilitas adalah pelayanan yang dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 
  3. Kondisional adalah pelayanan yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi. 
  4. Partisipatif adalah pelayanan yang dapat mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  5. Kesamaan hak adalah pelayanan yang tidak melakukan diskriminasi dilihat dari aspek apapun khususnya suka, rasa, agama, golongan, setatus sosial dan lain-lain (Sinambela).
Berdasarkan keterangan tersebut maka kualitas dari sebuah pelayanan yang ditunjukan bagi publik peru untuk selalu ditingkatkan. Peningkatan mutu pelayanan akan berpengaruh terhadap apa yang disajikan, sehingga apabila pelayanan selalu meningkatkan kualitas maka respon masyarakat sebagai pengguna pelayanan akan merasa puas terhadap kinerja dari penyedia pelayanan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar