Guru Sebagai Tenaga Profesional

Guru sebagai tenaga profesional yang memiliki kompetensi tertentu. Kebutuhan akan guru profesional yang makin mendesak adalah sejalan dengan tuntutan akan kapasitas mereka untuk menjadi manajer kelas yang baik. Ini karena disamping melakukan tugas kependidikan dan pembelajaran, guru juga melaksanakan tugas manajemen atau administrasi kelas. Kemampuan guru dalam mengelola kelas ini menjadi keniscayaan, bahkan merupakan salah satu ukuran kemampuan profesional mereka.
Setidaknya ada dua alasan yang melatar belakangi upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan. Pertama, kemampuan profesional guru mengelola kelas masih diragukan sebagian pengguna jasa sekolah. Kedua, kebutuhan dan tuntutan akan guru yang profesional menjadi sangat esensial. Termasuk kemampuan mereka dalam mengelola kelas ketika lembaga pendidikan semakin dituntut untuk menghasilkan lulusan yang bermutu.
Richey (1962) mengemukakan bahwa karakteristik guru sebagai profesi adalah sebagai berikut:
  1. Adanya komitmen dari para guru bahwa jabatan itu mengharuskan pengikutnya menjunjung tinggi martabat kemanusiaan lebih daripada mencari keuntungan sendiri. 
  2. Suatu profesi mensyaratkan orangnya mengikuti pendidikan profesional dalam jangka waktu tertentu. 
  3. Harus menambah pengetahuan agar terus menerus tumbuh dalam jabatannya. 
  4. Memiliki kode etik jabatan. 
  5. Memiliki kemampuan intelektual untuk menjawab masalah-masalah yang ia hadapi 
  6. Selalu ingin belajar terus menerus mengenai bidang keahlian yang ia tekuni 
  7. Menjadi anggota suatu organisasi profesi 
  8. Jabatan itu dipandang sebagai suatu karir hidup.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar