Fungsi Coping Stress

Terdapat beberapa fungsi coping stress. Tetapi menurut Folkman, dkk (dalam Smet, 1994), secara umum, fungsi coping stress mempunyai dua macam fungsi, yaitu:
Emotion-focused coping
Digunakan untuk mengatur respon emosional terhadap stres. Pengaturan ini melalui perilaku individu, seperti pengguna alkohol, bagaimana mengabaikan fakta-fakta yang tidak menyenangkan dengan strategi kognitif. Bila individu tidak mampu mengubah kondisi yang stressful, individu akan cenderung mengatur emosinya.
Salah satu strategi ini disebutkan Freud (dalam Smet, 1994) yaitumekanisme pertahanan diri (self defense mechanism). Strategi ini tidak mengubah situasi stressful, namun hanya mengubah cara orang memikirkan situasi dan melibatkan elemen penipuan diri (denial).
Problem-focused coping
Strategi kognitif untuk penangan stres atau coping yang digunakan oleh individu dalam menghadapi masalahnya dan berusaha untuk menyelesaikannya. Untuk mengurangi stressor, individu akan mengatasinya dengan cara mempelajari cara atau ketrampilan baru. Individu akan cenderung menggunakan strategi ini, bila dirinya yakin akan dapat mengubah situasi. Metode ini digunakan oleh orang dewasa.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar