Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja

Terdiri dari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi tegak tidaknya suatu disiplin kerja dalam suatu perusahaan.
Menurut Saydam (1996), faktor-faktor tersebut antara lain:
  1. Besar kecilnya pemberian kompensasi 
  2. Ada tidaknya keteladanan pimpinan dalam perusahaan 
  3. Ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan 
  4. Keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan 
  5. Ada tidaknya pengawasan pimpinan 
  6. Ada tidaknya perhatian kepada para karyawan 
  7. Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin.
Menurut Lewin (1996) disiplin kerja merupakan suatu sikap dan perilaku, pembentukan perilaku adalah interaksi antara faktor kepribadian dan faktor lingkungan (situasional) yaitu:
Faktor Kepribadian
Faktor yang penting dalam kepribadian seseorang adalah sistem nilai yang dianut. Sistem nilai dalam hal ini yang berkaitan langsung dengan disiplin. Nilai-nilai yang menjunjung disiplin yang diajarkan atau ditanamkan orang tua, guru, dan masyarakat akan digunakan sebagai kerangka acuan bagi penerapan disiplin di tempat kerja. Sistem ini akan terlihat dari sikap seseorang, sikap diharapkan akan tercermin dalam perilaku.
Faktor Lingkungan
Disiplin kerja yang tinggi tidak muncul begitu saja tetapi merupakan suatu proses belajar yang terus-menerus. Proses pembelajaran agar dapat efektif maka pemimpin yang merupakan agen pengubah perlu memperhatikan prinsip-prinsip konsisten, adil bersikap, positif, dan terbuka.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja terdiri dari faktor kepribadian dan faktor lingkungan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar