Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Coping Stress

Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi coping stress. Reaksi terhadap stres bervariasi antara individu yang satu dengan individu yang lainnya, dan dari waktu ke waktu pada orang yang sama. Perbedaan ini disebabkan oleh faktor psikologis dan sosial yang tampaknya dapat merubah dampak stressor bagi individu.
Menurut Smet (1994) faktor-faktor yang mempengaruhi coping stress adalah:
  1. Variabel dalam kondisi individu; mencakup umur, tahap kehidupan, jenis kelamin, temperamen, faktor genetik, intelegensi, pendidikan, suku, kebudayaan, status ekonomi dan kondisi fisik. 
  2. Karakteristik kepribadian, mencakup introvert-extrovert, stabilitas emosi secara umum, kepribadian “ketabahan” (hardiness), locus of control, kekebalan, dan ketahanan. 
  3. Variabel sosial-kognitif, mencakup dukungan sosial yang disrasakan, jaringan sosial, serta kontrol pribadi yang dirasakan. 
  4. Hubungan dengan lingkungan sosial, dukungan sosial yang diterima, integrasi dalam jaringan sosial. 
  5. Strategi coping stress; merupakan cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah dan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam situasi stres.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi coping stress adalah: kesehatan fisik, karakteristik kepribadian, variabel sosial-kognitif, hubungan dengan lingkungan sosial dan strategi coping stress.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar