Dukungan Sosial Keluarga

Dukungan sosial keluarga sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Menurut Gunarsa (1995), keluarga adalah kelompok sosial yang bersifat abadi, dikukuhkan dalam hubungan nikah yang memberikan pengaruh terhadap keturunan dan lingkungan. Menurut Fadly (2009), Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga biasanya terdiri dari suami, istri, dan juga anak-anak yang selalu menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama.
Gunarsa & Gunarsa (1995), menyatakan bahwa fungsi keluarga adalah sebagai berikut:
  1. Mendapatkan keturunan dan membesarkan anak 
  2. Memberikan afeksi/kasih sayang, dukungan, dan keakraban 
  3. Mengembangkan kepribadian 
  4. Mengatur pembagian tugas, menanamkan kewajiban, hak, dan tanggung jawab 
  5. Mengajarkan dan meneruskan adat istiadat, kebudayaan, agama, dan sistem moral pada anak
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa keluarga merupakan pusat utama dalam kehidupan manusia yang senantiasa mendampingi dan mengiringi seorang manusia sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, keluarga kerap kali menjadi sorotan saat seseorang berhasil atau gagal dalam menghadapi masalahnya. Keluarga adalah pendukung utama bagi individu yang mengalami masalah.
Berdasarkan beberapa literatur diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial keluarga adalah bantuan yang berasal dari keluarga individu yang menerima bantuan. Bentuk bantuan dapat berupa informasi, tingkah laku tertentu, atapun materiil yang dapat menjadikan individu yang menerima bantuan merasa disayangi, diperhatikan, dan bernilai. Dukungan sosial yang berasal dari keluarga merupakan dukungan yang sangat penting artinya bagi para pensiunan. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan kumpulan orang-orang yang dapat diandalkan kesinambungan dukungannya di saat seorang pensiunan mulai terpisah dari lingkungan luarnya, seperti dari teman sekerja, rekan bisnis, ataupun orang lainnya di luar keluarga.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

anom mengatakan...

niec info yang menarik gan.,
kunjungan balik blog saya juga gan ?

Poskan Komentar