Definisi Stres Kerja

Definisi stres kerja adalah keadan respon fisik dan emosi yang muncul ketika persyaratan–persyaratan kerja tidak sesuai dengan kapasitas sumber daya atau kebutuhan pekerja (NIOSH Research, 1998). Stres kerja dapat menyebabkan kondisi keshatan menjadi kurang baik. Konsep dari stres kerja adalah selalu comfosed dengan tantangan, tetapi konsep ini tidak selalu sama. Tantangan mendorong secara psikologis dan secara fisik namun memotivasi untuk belajar.
Lazarus (dalam Fraser, 1985) mengatakan bahwa stres kerja hanya berhubungan dengan kejadian–kejadian disekitar kerja yang merupakan bahaya atau ancaman seperti rasa takut, cemas, rasa bersalah, marah sedih, putus asa, bosan, dan timbulnya stres kerja disebabkan beban kerja yang diterima melampaui batas–batas kemampuan pekerja yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama sesuai dengan situasi dan kondisi.
Stoner (1986) mengatakan bahwa pekerjaan yang berbeda bagi setiap pekerja akan menimbulkan tingkat stres kerja cyang berbeda pula. Stres kerja berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap aspek–aspek pekerjaan terutama terhadap motif berprestasi yang kelak akan berhubungan dengan proses kerja.
Wilford (dalam Fraser,1985) berpendapat bahwa stres kerja terjadi apabila terdapat penyimpangan–penyimpangan dari kondisi-kondisi yang suatu ketidak seimbangan antara tuntutan kerja dengan kemampuan pekerjaannya. Stres kerja muncul dari interaksi individu dengan pekerjaannya dan dicirikan oleh perubahan–perubahan didalam individu tersebut yang mendorong dari fungsi norma.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa stres kerja adalah suatu beban atau ketegangan yang dialami pekerja baik fisik maupun psikis karena adanya ketidak seimbangan antara tuntutan atau kebijaksanaan perusahaan dengan kemampuan pekerja sehingga dapat mempengaruhi prestasi kerja.
Share on :


Related post:


1 komentar:

Paket Tour Wisata Ziarah mengatakan...

infonya menarik sob...
jadi tahu definisi stress kerja itu apa..

Poskan Komentar