Definisi Pertumbuhan Ekonomi

Definisi pertumbuhan ekonomi adalah suatu gambaran mengenai dampak kebijaksanaan pemerintah yang dilaksanakan khususnya dibidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sebagai suatu ukuran kuantitatif yang menggambarkan perkembangan suatu perekonomian dalam suatu tahun tertentu apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi juga merupakan laju pertumbuhan yang dibentuk dari berbagai macam sektor ekonomi yang tidak langsung menggambarkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang terjadi. Bagi daerah, indikator ini penting untuk mengetahui keberhasilan pembangunan dimasa yang akan datang.
Pertumbuhan merupakan ukuran utama keberhasilan pembangunan, dan hasil pertumbuhan ekonomi dapat pula dinikmati masyarakat sampai dilapisan paling bawah, baik dengan sendirinya maupun dengan campur tangan pemerintah. Pertumbuhan harus berjalan secara beriringan dan terencana, mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan dan pembagian hasil-hasil pembangunan dengan lebih rata. Dengan demikian maka daerah yang miskin tertinggal tidak produktif akan menjadi produktif, yang akhirnya akan mempercepat pertumbuhan itu sendiri. Strategi ini dikenal dengan istilah “ Redistribution With Growth”.
Untuk melihat fluktuasi pertumbuhan ekonomi tersebut secara rill dari tahun ke tahun tergambar melalui penyajian PDRB atas harga konstan secara berkala, yaitu pertumbuhan yang positif menunjukan adanya peningkatan perekonomian, sebaliknya apabila negatif menunjukan terjadi penurunan. Pertumbuhan biasanya disertai dengan proses sumber daya dan dana negara. Selain itu pertumbuhan ekonomi umumnya juga disertai dengan terjadinya pergeseran perkerjaan dari kegiatan yang relatif rendah produktifitasnya ke kegiatan yang lebih tinggi. Dengan kata lain pertumbuhan ekonomi secara potensial cenderung meningkatkan produktifitas kerja, dan meningkatkan skala unit usaha.
Kuznets (1966) mendefenisikan pertumbuhan ekonomi sebagai kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak barang kepada penduduknya, kemampuan ini bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukan.
Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) juga merupakan perubahan nilai kegiatan ekonomi dari tahun ke tahun untuk satu periode ke periode yang lain dengan mengambil rata-ratanya dalam waktu yang sama, maka untuk mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi harus dibandingkan dengan tingkat pendapatan nasional dari tahun ke tahun.
Oleh karena itu beberapa komponen penting yang perlu dianalisa pada pertumbuhan ekonomi, yaitu:
Akumulasi Modal
Akumulasi modal meliputi semua investasi baru pada tanah, peralatan fisik, dan sumber daya manusia. Akumulasi modal terjadi apabila sebagian dari pendapatan masyarakat di infestasikan dengan tujuan memperbesar output. Pabrik baru, mesin peralatan, dan material meningkatkan stok modal secara fisik suatu negara dan memungkinkan tercapainya peningkatan output. Investasi produktif ini juga harus dilengkapi dengan infrastruktur sosial ekonomi yaitu: jalan, air, listrik, sanitasi, komunikasi dan sebagainya guna menunjang aktifitas perekonomian secara terpadu.
Pertumbuhan Ekonomi dan Angkatan Kerja
Pertumbuhan penduduk dan tenaga kerja secara tradisional dianggap sebagai faktor positif dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Jumlah tenaga kerja yang lebih besar berarti akan meningkatkan luasnya pasar domestik.
Kemajuan Teknologi
Dalam pengertian yang paling sederhana, kemajuan teknologi terjadi karena ditemukanya cara baru atau perbaikan cara penyelesaian tugas tradisional. Kemajuan teknologi yang netral terjadi apabila penggunaan teknologi berhasil mencapai tingkat prouksi yang lebih tinggi dengan menggunakan jumlah dan kombinasi faktor input yang sama. Kemajuan teknologi hemat pekerja terjadi apabila dengan menggunakan jumlah input pekerja dan modal akan dicapai input yang lebih tinggi. Sedangkan kemajuan teknologi hemat modal akan menghasilkan metode produksi padat yang lebih efisien.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

paket haji umroh 2013 mengatakan...

info artikel agan menarik sekali.. bisa di buat panduan untuk anak accounting seperti saya neh..

Poskan Komentar