Dampak Stres Kerja Bagi Individu

Dampak stres bagi individu sangat mengganggu. Stres kerja selain berdampak pada kehidupan dan kinerja individu, juga akan mempengaruhi out pekerjaan. Hubungan sosial ditempat kerja bisa saja terganggu dengan adanya stres akibat pekerjaan.
Dampak stres kerja bagi individu menurut Luthans (2005), antara lain:
Kesehatan
Tubuh manusia pada dasarnya dilengkapi sistem kekebalan untuk mencegah serangan penyakit. Tubuh manusiah dalam mencegah dan mengatasi pengaruh penyakit tertentu, dengan cara memproduksi antibodi sehingga orang yang terkena stres mudah pula terkena penyakit.
Psikologis
Stres akan menyebabkan kekwatiran atau ketegangan secara terus menerus. Hal tersebutdapat membuat individu merasa hopeless dan helpless sehingga dapat menimbulkan perasaan ingin bunuh diri atau kematian pada penderita stres.
Interaksi Interpersonal
Karyawan yang bekerja di suatu organisasi menunjukan bahwa stres kerja menyebabkan terjadinya ketegangan dan konflik antara pihak karyawan dengan pihak manejemen. Tingginya emosi berpotensi menghambat kerja sama antara individu satu dengan yang lain.
Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak stress kerja terhadap individu adalah munculnya masalah yang berhubungan dengan kesehatan, psikologis dan interaksi interpersonal. Masalah kesehatan seperti gejala Gangguan fisik misalnya : tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Masalah psikologis seperti depresi, apatisme, reaksi emosional, kemarahan. Masalah dalam interaksi interpersonal yaitu terjadinya ketegangan dan konflik antara pihak pekerja dengan pihak manajemen dan terhambatnya kerja sama antara individu satu dengan yang lain.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar