Ciri-Ciri Anak Pra Sekolah

Snowman (dalam Patmonodewo, 2000) mengemukakan ciri-ciri anak pra sekolah (3-6 tahun) yang biasanya berada di Taman Kanak-Kanak. Ciri-ciri yang dikemukakan meliputi aspek fisik, sosial, emosi dan kognitif anak.
Ciri fisik  
Ciri-ciri anak pra sekolah dari segi fisik umumnya sangat aktif. Mereka memiliki penguasaan (kontrol) terhadap tubuhnya dan sangat suka melakukan kegiatan yang dilakukan sendiri. Setelah melakukan berbagai kegiatan, anak pra sekolah membutuhkan istirahat yang cukup. Otot-otot besar pada anak pra sekolah lebih berkembang dari control terhadap jari dan tangan. Oleh karena itu, mereka biasanya belum terampil dalam melakukan kegiatan yang agak rumit seperti mengikat tali sepatu. Anak pra sekolah juga sering mengalami kesulitan apabila harus memfokuskan perhatiannya pada objek-objek yang kecil ukurannya. Walaupun tubuh anak ini lentur, tetapi tengkorak kepala mereka masih lunak. Selain itu, walaupun anak laki-laki lebih besar, akan tetapi anak perempuan lebih terampil dalam tugas yang praktis. 
Ciri sosial
Umumnya pada tahap ini mereka mempunyai satu atau dua sahabat, tetapi sahabat ini cepat berganti. Kelompok bermainnya cenderung kecil dan tidak terlalu terorganisir dengan baik. Anak yang lebih muda sering kali bermain. Kelompok bermainnya cenderung kecil dan tidak terlalu terorganisir dengan baik. Anak yang lebih muda sering kali bermain bersebelahan dengan anak yang lebih tua. Selain itu permainan mereka juga bervariasi sesuai dengan kelas sosial dan gender. Sering terjadi perselisihan tetapi kemudian berbaikan kembali. Pada anak pra sekolah juga sudah menyadari peran jenis kelamin dan sextyping.
Ciri emosional
Anak pra sekolah cenderung mengekspresikan perasaan secara bebas  dan terbuka. Iri hati juga sering terjadi diantara mereka dan anak pra sekolah pada umumnya sering kali merebut perhatian guru.
Ciri kognitif
Anak pra sekolah umumnya sudah terampil dalam berbahasa. Kompetensi anak juga perlu dikembangkan melalui interaksi, minat, kesempatan, memahami dan kasih sayang.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar