Penyakit Jamur Kulit

Terdapat beberapa penyakit jamur kulit. Penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur bermacam-macam, tergantung dari jenis jamurnya. Secara garis besar, penyakit Jamur Kulit terbagi atas:
Pitriasis versikolor
Pitiriasis versikolor atau panu, kadang-kadang disebut kromofitosis, tinea flava, liver spots dan terakhir disebut pitirosporosis/pitiriasis. Penyakit ini adalah dermatomikosis superfisialis yang disebabkan oleh Malassezia furfur atau Pityrossporum orbiculare yang bersifat ringan, menahun, biasanya tanpa keluhan gatal.
Dermatofitosis (Ring-worm infection)
Dermatofitosis adalah golongan penyakit jamur superfisialis yang disebabkan oleh jamur dermatofita yaitu Trichopyton spp (T), Microsporum spp (M), Epidermophyton spp (E). Penyakit ini menyerang jaringan yang mengandung zat tanduk, yakni pada epidermis, rambut dan kuku.
Klasifikasi Dermatofitosis (Ring-worm infection):
Tinea kapitis
Tinea kapitis adalah kelainan kulit pada daerah kepala berambut yang disebabkan oleh jamur golongan dermatofita, dan sering terjadi pada anak-anak. Kadang-kadang penyakit ini ditularkan dari hewan peliharaan, misalnya kucing, anjing dan sebagainya, berwarna putih kelabu. Infeksi Trichopyton spp, biasanya menimbulkan bercak kecil-kecil di kepala dengan rambut yang putus-putus tepat di permukan kulit. Sehingga terlihat bintik-bintik hitam pada bercak tersebut yang disebut black dots.
Tinea barbe
Tinea barbe adalah penyakit yang disebabkan infeksi jamur dermatofita di daerah janggut, jambang dan kumis, sering pada orang-orang dewasa yang banyak kontak dengan hewan atau tanah. Keluhan penderita adalah gatal pada beberapa tempat di janggut, kumis atau jambang disertai putusnya rambut di tempat tersebut.
Tinea korporis
Tinea korporis adalah penyakit karena infeksi jamur dermatofita pada kulit halus (glabrous skin) di daerah muka, leher, badan, lengan dan gluteal. Penyebab tersering kelainan ini adalah Trychopyton rubrum dan Trychopyton mentagrophytes. Penderita mengeluh rasa gatal yang kadang-kadang meningkat waktu berkeringat.
Tinea kruris
Tinea kruris adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita di daerah genitokrusal. Faktor yang berpengaruh di sini adalah lembab oleh karena keringat dan obesitas. Keluhan penderita adalah rasa gatal di daerah lipatan paha, sekitar anogenital, dan dapat meluas ke bokong dan perut bagian bawah.
Tinea unguium
Tinea unguium adalah kelainan kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita. Keluhan penderita berupa kuku menjadi rusak, warnanya menjadi suram. Bergantung jamur penyebabnya, destruksi kuku mulai dari distal, lateral proksimal ataupun keseluruhan. Bila disertai paronikia maka sekitar kuku akan terasa nyeri dan gatal.
Tinea imbrikata
Kelainan kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur T.concentcum dimana terjadi gambaran klinis yang khas. Penyakit ini banyak didapatkan di bagian timur kepulauan kita, sering disebut pula penyakit cascade, tokelau, ringworm dan sebagainya. Keluhan berupa rasa gatal pada daerah yang terkena kulit jadi bersisik dengan sisik yang melingkar-lingkar.