Pengelolaan Lebah Madu

Koloni lebah madu perlu dimonitoring setiap satu atau dua minggu sekali. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui keberadaan hama pada koloni lebah madu, selain itu juga untuk mengetahui ketersediaan pakan di dalam sarang yang terbentuk serta melihat perilaku lebah ratu, sudah cukup nyaman atau belum. Saat melakukan pengecekan beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah gunakan penutup kepala untuk menghindari sengatan lebah.tidak berdiri di depan lubang stup, sehingga tidak menghalangi lebah keluar masuk. Saat membuka stup harus hati-hati dan lemah lembut.Saat mengamati lembaran sarang harus mengangkat pelan-pelan bingkai sarang (Suputa, Arminudin, 2007).
Untuk meningkatkan populasi lebah madu agar madu yang diproduksi lebih banyak, perlu diberikan pakan tambahan dan menambah bingkai sel sarang.Pemberian pakan tambahan juga diperlukan ketika musim penghujan atau pada saat ketersediaan nektar dan polen di alam sangat sedikit.Pakan tambahan dapat berupa larutan gula atau sirup yang ditempatkan pada bingkai sisir pakan tambahan.Koloni lebah madu perlu digembalakan di daerah yang banyak terdapat tumbuhan penghasil nectar dan polen.
Madu
Madu sangat banyak manfaatnya dan mengandung banyak komponen yang sangat baik untuk kesehatan manusia, seperti gula, mineral, vitamin, dan lain-lain.Madu telah dikenal pada zaman Mesir kuno, yaitu digunakan sebagai obat-obatan dan di dalam kitab suci umat Islam Al-Quran (Q.S.An Nahl) madu disebutkan mempunyai banyak manfaat. Demikian juga pada zaman perang dunia pertama, madu dicampur dengan hati ikan kod digunakan untuk menyembuhkan tentara yang terluka. (Suputa, Arminudin, 2007).
Royal Jelly
Royal jelly adalah makanan larva calon ratu lebah.Di dalam royal jelly banyak mengandung komponen seperti protein, gula, lemak, mineral, dan vitamin.Bentuknya berupa bubuk putih agak lengket yang berasal dari kelenjar yang ada di dalam kepala lebah pekerja muda.Royal jelly selain digunakan untuk kesehatan juga dimanfaatkan dalam perawatan kecantikan tubuh. (Suputa, Arminudin, 2007).
Propolis
Propolis berasal dari cairan resin pohon yang dicampur dengan malam di dalam sarang. Propolis dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.Juga dapat menghambat beberapa patogen karena dapat berfungsi sebagai antibiotik sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Cara kerja propolis dalam melawan bakteri dengan merusak dinding bakteri (Suputa. Arminudin, 2007).
Malam (Wax)
Malam dibuat oleh lebah madu merupakan jenis produk lilin alami yang paling sempurna.Lilin dari malam yang diproduksi lebah madu dapat mengeluarkan bau harum dan tahan menyala lebih lama serta lebih bersih dari lilin pada umumnya. Malam juga digunakan untuk membuat berbagai bentuk patung dan model-model lain (Suputa).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar