Norma Sosial Dalam Masyarakat

Terdapat beberapa normal sosial dalam masyarakat. Norma sosial dalam masyarakat berbeda-beda antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Kita mengenal dua macam pedoman dalam bertingkah laku yaitu norma dan nilai. Kedua pedoman ini merupakan warisan sosial yang kita terima dari masyarakat secara turun–menurun dari generasi sebagai salah satu bentuk kebudayaan. Norma dan nilai merupakan bagian dari kebudayaan ideasional (berwujud gagasan–gagasan) yang menentukan apa yang harus dan atau seharusnya kita lakukan.
Norma adalah aturan–aturan yang berlaku dalam masyarakat yang disertai dengan sanksi atau ancaman bila tidak melakukannya. Norma merupakan pedoman hidup dan mengikat setiap anggota masyarakat. Dalam upaya mencari nilai–nilai sosialnya (Lukman Hakim, 1999).
Norma Yang Berdasarkan Kekuatan Mengikatnya Dalam Masyarakat
Norma kesusilaan (Mores)
Mores atau norma kesusilaan adalah salah satu aturan yang erat kaitannya dengan norma agama. Sanksi yang melanggar norma ini adalah mendapatkan gunjingan, sindiran, ejekan, bahkan dapat diisolir (dikucilkan) oleh masyarakat.( Lukman Hakim, 1999)
Norma kelaziman (Folkways)
Folkways atau norma kelaziman adalah tata aturan seseorang atau kelompok dalam melakukan suatu kegiatatan yang didasarkan pada tradisi dan kebiasaan. Orang yang melanggar norma akan mendapatkan cacian atau celaan dari orang lain atau masyarakat pada umumnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar