Koloni Lebah Madu

Koloni lebah madu yang ideal terdiri atas satu ekor lebah ratu, kurang lebih 50.000 lebah pekerja, beberapa lebah jantan, kurang lebih 6.000 telur, 10.000 larva, dan 20.000 pupa. Dalam satu koloni lebah madu terdapat lebah ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja. (Suputa, Arminudin. 2007)
Lebah Ratu
Lebah ratu adalah induk tunggal di dalam sebuah koloni, tugasnya hanya bertelur dan telur yang dihasilkan berjumlah 1.000-1.500 butir per hari.Lebah ratu berukuran lebih panjang dibandingkan lebah pekerja.Ratu lebah dapat mengontrol semua lebah di dalam satu koloni dengan memproduksi feromon.Feromon tersebut membuat lebah pekerja tidak tertarik untuk bertelur sendiri. Jika ratu lebah berhenti memproduksi feromon dan bertelur maka telur tersebut akan menjadi calon ratu baru. Seekor calon ratu dikawini oleh beberapa lebah jantan.Perkawinan terjadi di udara.Lebah ratu hanya mengalami satu kali kawin selama masa hidupnya.
Lebah Ratu (Sumber: suputa, Arminudin). Lebah jantan Lebah jantan berasal dari telur yang tidak dibuahi, baik yang diletakkan oleh ratu maupun lebah pekerja yang ovariumnya berkembang dengan baik.Lebah jantan hanya berperan sebagai pejantan yang bertugas mengawini lebah betina calon ratu.Ukuran tubuhnya lebih besar dan lebih gemuk dibandingkan dengan lebah pekerja atau ratu lebah.Lebah jantan tidak bersengat dan dapat terbang dengan sangat cepat, sehingga mampu menangkap lebah calon ratu saat terbang.Masa hidupnya sangat singkat.
Lebah Pekerja
Lebah madu yang berukuran paling kecil, tetapi jumlahnya paling banyak di dalam sebuah koloni.Lebah pekerja adalah lebah betina yang mengalami modifikasi pada ovipositornya, sehingga menjadi sebuah sengat, ovariumnya kecil dan pada kondisi normal tidak memproduksi telur.Lebah pekerja bertugas memberi pakan royal jelly pada larva yang baru menetas dari telur dan menyuapi ratu.Selain itu mereka juga bertugas mengumpulkan polen, nektar, propolis, dan air dari suatu tempat yang kemudian dibawa ke sarang. Lebah pekerja juga bertugas menjaga sarang dengan senjata sengatnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar