Cara Membersihkan Wajah

Terdapat beberapa cara membersihkan wajah yang tepat dan benar. Membersihkan wajah setiap hari secara rutin adalah sangat penting untuk menjaga kulit wajah. Membersikan wajah dapat menanggalkan kotoran debu, bakteri, dan kulit mati dari wajah yang dapat menyebabkan penyerapan obat topikal dengan lebih efektif (Subramanyan, 2004). Paradoksnya, membersihkan kulit wajah juga dapat melemahkan hambatan di mana banyak sulfaktan pembersih yang berinteraksi dengan protein dan lipid dari stratum korneum (Subramanyan, 2004).
Sebetulnya, digalakan untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam 1 hari yaitu pada pagi hari dan malam hari (Kern, 2010). Mencuci wajah lebih atau kurang dari 2 kali dalam sehari tidak digalakkan karena mencuci wajah secara berlebihan dapat mengiritasikan kulit wajah dan menyebabkan pertumbuhan jerawat, manakala kurang mencuci wajah akan mengurangkan tingkat kebersihan wajah.
Cara betul membersihkan wajah adalah dengan menggunakan kedua telapak tangan secara sirkuler selama 10 detik dan harus dibilas dengan air hangat hingga tertanggal semua kesan sabun pencuci wajah (Kern, 2010). Tidak perlu untuk mengosok dengan kuat karena dapat menyebabkan iritasi kulit (Subramanyan, 2004). Setelah itu, tepukkan wajah dengan kain bersih hingga wajah kering (Kern, 2010). Setelah wajah kering, disarankan supaya mengoles pelembab untuk mencegah kulit wajah menjadi terlalu kering.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar