Tingkatan Anemia

Tingkatan anemia adalah penggolongan anemia berdasarkan stadium-stadium beratnya anemia yang sedang dialami. Menurut Soebroto (2009,p.59-60) tingkatan anemia adalah sebagai berikut:
Stadium 1
Tingkatan anemia pada stadium I ini berupa kehilangan zat besi melebihi asupannya, sehingga menghabiskan cadangan dalam tubuh, terutama di sum-sum tulang. Kadar ferritin (protein yang menampung zat besi) dalam darah berkurang secara progresif.
Stadium 2
Cadangan zat besi yang telah berkurang tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga sel darah merah yang dihasilkan jumlahnya lebih sedikit.
Stadium 3
Mulai terjadi anemia. Pada awal stadium ini, sel darah merah tampak normal, tetapi jumlahnya lebih sedikit. Kadar hemoglobin dan hematokrit menurun.
Stadium 4
Sum-sum tulang berusaha untuk menggantikan kekurangan zat besi dengan mempercepat pembelahan sel dan menghasilkan sel darah merah dengan ukuran yang sangat kecil (mikrositik), yang khas untuk anemia karena kekurangan zat besi.
Stadium 5
Dengan semakin memburuknya kekurangan zat besi dan anemia, maka akan timbul gejala-gejala karena kekurangan zat besi dan gejala-gejala karena anemia semakin memburuk. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال