Strategi Mengatasi Konflik

Strategi mengatasi konflik merupaka sebuah kebutuhan bagi setiap individu. Dengan adanya strategi mengatasi konflik yang bagus, akan membuat seseorang mampu lepas dari masalah yang dihadapi.
Ada berbagai strategi mengatasi koflik yang dilakukan individu ketika mengalami konflik, antara lain (Myers & Myers, 1992):
Avoidance
Banyak manusia yang merasakan ketidaknyaman seperti merasa terancam dan khawatir tidak mampu menghadapi konflik. Ketidaknyamanan ini mengakibatkan individu menghindari konflik atau pemicu konflik dan biasanya individu mempercayai adanya keajaiban dalam penyelesaian konflik tersebut. Teknik yang biasanya digunakan dalam mengatasi konflik meliputi denial, withdrawal dan suppression.
Defusion
Defusion strategy digunakan ketika individu membuat alasan atau dalih atas konflik yang dialami sampai individu merasa tenang kembali atau mendapat informasi lebih mengenai sumber konflik. Langkah yang dilakukan oleh individu dapat berupa menghindari masalah yang besar atau hanya berfokus pada masalah kecil, mengalihkan perhatian pada hal lain.
Confrontation
Dalam strategi ini, individu menghadapi konflik secara langsung dengan tiga strategi yaitu win-lose strategy, lose-lose or concession strategy dan win-win or integration strategy.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

Jefry mengatakan...

Ulasannya bisa menambah ilmu saya
terima kasih

Poskan Komentar