Pengertian Perencanaan Karir

Pengertian perencanaan karir adalah langkah-langkah yang bisa di ambil oleh seseorang untuk menempati suatu jenjang yang lebih tinggi dalam hirarki organisasi. Karir adalah keseluruhan jabatan atau pekerjaan/posisi yang dapat diduduki seseorang selama kehidupan kerjanya didalam satu ataupun beberapa organisasi.
Hariandja (2007) memberikan pengertian perencanaan karir adalah kegiatan dan kesempatan yang diberikan organisasi dalam upaya membantu pegawai untuk mencapai tujuan karirnya, yang penting untuk meningkatkan kompetensi individu dan kemampuan organisasi. Karir adalah suatu deretan posisi yang diduduki oleh seseorang  selama perjalanan usianya (Rivai, 2009). Karir adalah suatu rangkaian aktivitas kerja yang terpisah, tetapi berhubungan dan memberikan kesinambungan, keteraturan dan arti kehidupan bagi seseorang (Panggabean, 2002).
Perencanaan karir dapat dianggap sebagai suatu proses yang dilalui individu  pegawai di mana pegawai tersebut, mengidentifikasi, merencanakan, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan karirnya.
Melalui perencanaan karir, seorang pegawai dituntut untuk mengevaluasi kemampuan dan minat pegawai sendiri, mempertimbangkan kesempatan karier alternatif, menyusun sasaran karir, dan merencanakan aktivitas-aktivitas pengembangan karir secara praktis.       
Perencanaan karir adalah perencanaan yang fokus pada pekerjaan dan pengidentifikasian jalan karir yang memberikan kemajuan yang logis atas orang-orang diantara pekerjaan dalam organisasi (Mathis 2006). Perencanaan karir adalah proses dimana perusahaan menyeleksi tujuan karir dan jenjang karir dalam mencapai rencana karir ( Rivai 2009)
Menurut Martoyo (2007) perencanaan karir adalah suatu perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan seseorang pegawai atau anggota organisasi sebagai individu meniti proses kenaikan pangkat atau jabatan sesuai dengan persyaratan dan kemampuannya. Suatu perencanaan karir harus dilandasi penyusunan persyaratan-persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang, guna mendukung peningkatan karirnya. Keberhasilan karir seseorang dapat dipengaruhi oleh pendidikan formal, pengalaman kerja, sikap atasan, prestasi kerja, bobot pekerjaan, kompetensi yang dibutuhkan oleh suatu jabatan, dan sebagainya.
Share on :


Related post:


2 komentar:

Hadi Pranoto mengatakan...

:)

Pak Haji mengatakan...

minta daftar pustaka dan sumber atau judul buku nya dong gan =D

Poskan Komentar