Pengertian Kolostrum

Pengertian kolostrum adalah susu yang pertama keluar, sesaat seorang wanita melahirkan. Kolostrum (susu jolong) yaitu cairan emas, cairan pelindung yang kaya zat anti infeksi dan berprotein tinggi yang pertama di sekresi oleh kelenjar payudara dari hari pertama sampai hari ke 3-5 (Roesli, 2008).
Tetapi ada pula pendapat yang mengatakan kolostrum adalah cairan yang pertama kali disekresi oleh kelenjar payudara dari hari pertama sampai hari ke-4 / ke-7 (Roesli, 2007). Kolostrum merupakan cairan yang pertama disekresi oleh kelenjar payudara dari hari ke-1 sampai hari ke-4 setelah persalinan komposisi kolostrum ASI mengalami perubahan.
Kolostrum berwarna kuning keemasan disebabkan oleh tingginya komposisi lemak dan sel-sel hidup. Kolostrum merupakan pencahar yang membersihkan mekonium sehingga mukosa usus bayi yang baru lahir segera bersih dan siap menerima ASI. Hal ini menyebabkan bayi yang mendapat ASI pada minggu ke-1 sering defekasi dan feses berwarna hitam.
Kandungan tertinggi dalam kolostrum adalah antibodi yang siap melindungi bayi saat kondisinya masih lemah. Kandungan protein dalam kolostrum lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein dalam susu matur. Jenis protein globulin membuat konsistensi kolostrum menjadi pekat ataupun padat sehingga bayi lebih lama merasa kenyang meskipun hanya mendapat sedikit kolostrum. Lemak kolostrum lebih banyak mengandung kolesterol dan lisotin sehingga bayi sejak dini sudah terlatih mengolah kolesterol. Kandungan hidrat arang kolesterol lebih rendah dibandingkan susu matur akibat dari aktivitas bayi pada 3 hari pertama masih sedikit dan tidak memerlukan banyak kalori. Total kalori kolostrum hanya 58 kal/100 ml kolostrum.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar