Morfologi Nyamuk

Morfologi nyamuk adalah termasuk golongan serangga yang termasuk suku Culicidae, ordo Diptera yang berbentuk langsing, baik tubuhnya, sayap maupun proboscisnya.
Proboscis adalah alat untuk menusuk dan mengisap cairan makanan atau darah. Nyamuk tersebar luas di seluruh dunia mulai dari daerah kutub sampai daerah tropis, dapat dijumpai 5.000 m di atas permukaan laut sampai kedalaman 1.500 m di bawah permukaan tanah di daerah pertambangan. Nyamuk dewasa hidup di udara, telur diletakkan di air sedangkan larva dan pupa hidup di dalam air (aquatic). Tempat berkembang biak (Breeding place) adalah air yang sangat bervariasi jenisnya (Levine, 1994).
Morfologi Nyamuk
Phylum : Arthropoda
Kelas : insecta
ordo : Diptera
Subordo : Nematocera
Famili : culicidae
Subfamili : Anopheline,Culicinae
Morfologi Nyamuk Secara Umum 
  1. Ukuran tubuh berkisar 2mm - 19mm 
  2. Tubuh dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu kepala,dada dan perut. 
  3. Kepala agak membulat dilengkapi alat-alat tubuh,meliputi: sepasang mata majemuk (compound eyes) tapi tak punya ocelli sepasang antena dengan bulu-bulu.plumose untuk jantan karena berbulu lebat dan pillose untuk betina karena jarang. Sepasang Palpus maxilaris (alat untuk identifikasi jenis nyamuk dan kelaminnya). Probosis dilengkapi mulut untuk menusuk dan menghisap cairan makanan atau darah. 
  4. Dada (thorax) terdiri dari 3 ruas / segmen yang dilengkapi : bagian dorsal thorax tertutup oleh scutum bagian mesothorax terdapar sepasang sayap dengan venesi,warna,dan sisik yang khas sehingga dapat untuk identifikasi. Bagian metathorax terdapat sepasang halter. Tiga pasang kaki pada setiap ruas. Pada batas metathorax dan abdomen terdapat scutelum. 
  5. Tubuh terdiri dari 10 segmen pada segmen ke-9 dan 10 dimodifikasi menjadi alat kelamin.2 caudal cerci pada betina dan hipopygium,sedangkan pada segmen 1-8 terdapat spirakel pada bagian dorsal (punggung yang berfungsi sebagai lubang hawa). 
  6. Vena sayap tersebar ke seluruh tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال