Memandikan Bayi

Memandikan bayi bukan hanya untuk membersihkan tubuh bayi, tetapi merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi bayi. Bagi orang tua memandikan bayi merupakan alat komunikasi antara orang tua dengan bayinya, karena pada saat mandi orang tua bisa melakukan sentuhan, usapan dan berbicara langsung walaupun bayi tidak mengerti arti ucapan tersebut.
Memandikan bayi bagi pasangan muda merupakan pekerjaan yang berat dan membingungkan. Bukan berat dalam arti yang sebenarnya tetapi karena sulit untuk melakukannya. Memandikan bayi bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi jika mengetahui pedoman memandikan bayi sebelum mempunyai anak, hal ini akan menjadi pekerjaan yang ringan.
Pada kenyataanya, bayi akan merasa lebih hangat dan tenang jika direndam dalam air hangat. Bayi baru lahir tidak perlu sering-sering dimandikan, sebaiknya mandikan sekali atau dua kali seminggu (Penny Simkin, P.T, dkk, 2007).
Sebelum memandikan bayi lebih dahulu harus diperhatikan hal-hal berikut:
  1. Mandikanlah bayi pada waktu yang sama setiap hari 
  2. Saat memandikan harus memperhatikan (a) Tidak ada gangguan dan harus tenang, (b) Tidak sibuk, (c) Percaya diri. 
  3. Memandikan bayi sebaiknya dilakukan sebelum bayi diberi makan, tetapi harus ingat bayi tidak boleh lapar. 
  4. Dilarang memandikan bila bayi baru diberi makan, karena bayi akan mudah muntah. Bayi yang diberi makan sebelum mandi sebaiknya ditunggu hingga 15 sampai 20 menit baru dimandikan. 
  5. Ruangan harus dijaga tetap hangat, karena bayi sangat mudah untuk kehilangan panas.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar