Manfaat Penilaian Prestasi Kerja

Manfaat penilaian prestasi kerja sangat besar, baik bagi karyawan maupun manajemen. Menurut Handoko (2000), manfaat penilaian prestasi kerja dapat dirinci sebagai berikut:
Perbaikan Prestasi Kerja  
Umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkan pegawai, manajemen, dan departemen personalia dapat memperbaiki kegiatan-kegiatan mereka untuk memperbaiki prestasi kerja.
Penyesuaian-penyesuaian kompensasi    
Evaluasi prestasi kerja membantu para pengambil keputusan dalam menentukan kenaikan upah, pemberian bonus dan bentuk kompensasi lainnya.
Keputusan-Keputusan
Penempatan Rencana ini akan membantu atasan dalam penempatan kerja dan akan membantu pula dalam memanfaatkan secara tepat bakat yang dimiliki masing-masing pegawainya.
Kebutuhan-Kebutuhan dalam Pelatihan dan Pengembangan  
Prestasi kerja yang tidak baik mungkin menunjukkan kebutuhan latihan. Demikian juga, prestasi yang baik mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan.
Perencanaan dan Pengembangan Karir  
Umpan balik prestasi mengarahkan keputusan-keputusan karir, yaitu tentang jalur karir tertentu yang harus diteliti.
Tantangan-Tantangan Eksternal  
Terkadang prestasi kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar lingkungan kerja, seperti keluarga, kesehatan dan kondisi finansial.
Kesempatan kerja yang adil  
Penilaian prestasi kerja secara akurat mencerminkan keputusan- keputusan penempatan internal diambil tanpa diskriminasi. 
Dari manfaat penilaian prestasi kerja diatas dapat disimpulkan bahwa seorang penilai harus mengetahui manfaat tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan mereka gagal dalam mencapai sasaran.
Menurut Sulistiyani (2009), manfaat penilaian prestasi kerja sebagai berikut:
  1. Penyesuaian-penyesuaian kompensasi 
  2. Perbaikan kinerja 
  3. Kebutuhan latihan dan pengembangan 
  4. Pengambilan keputusan dalam hal penempatan promosi, mutasi, pemecatan, pemberhentian dan perencanaan tenaga kerja 
  5. Untuk kepentingan penelitian kepegawaian 
  6. Membantu diagnosis terhadap kesalahan desain pegawai 
Informasi penilaian prestasi kerja tersebut oleh pimpinan dapat dipakai untuk mengelola kinerja pegawainya dan dapat mengungkapkan elemahan kinerja pegawai sehingga pimpinan dapat menentukan tujuan maupun peringkat target yang harus diperbaiki.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar