Manfaat Bunga Rosella

Manfaat bunga rosella bagi tubuh manusia sangat besar. Tanaman Bunga Rosella adalah sejenis perdu yang mudah ditanam. Cara penanamannya dengan menggunakan biji yang kering kemudian disemai. Tanaman bunga Rosella berdiri tegak dengan tinggi ± 0,5 – 5 m dan mengeluarkan bunga hamper sepanjang tahun. Saat muda batang dan daunnya berwarna hijau, namun ketika beranjak dewasa dan berbunga, batangnya akan berubah menjadi coklat kemerahan (Devi.M,2009).
Batang berbentuk silindris dan berkayu dan memiliki banyak cabang. Pada batang melekat daun yang bersusun berseling, berwarna hijau, berbentuk bulat telur dan berbentuk menjari, tepi bergerigi. Tulang daun berwarna merah, panjang daun dapat mencapai 6-15 cm dan lebar 5-8 cm, akar yang menopang batang adalah akar tunggang.   Bunga muncul pada ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk corong tersusun dari lima helai daun mahkota. Kelopak bunganya sangat menarik dan indah. Selain mahkota dan kelopak, bunga juga dilengkapi 8-12 kelopak tambahan. Bunga akan muncul saat rosella berumur 2,5 – 3 bulan setelah ditanam.
Awalnya bunga berwarna merah muda dan belum menyerupai bunga yang sudah matang. Dua minggu kemudian bunga rosella muda berwarna hijau dengan jari-jari tipis berwarna merah dan berbentuk bulat kecil.  Selama pertumbuhan ini, kelopak akan semakin besar, kaku, menebal dan warna berubah menjadi merah cerah, terdapat putik dan benang sari. Bunga rosella yang berhasil dibuahi akan menjadi buah. Bunga rosella berbentuk kerucut dengan bulu-bulu halus menempel di permukaan kulit buah. Buah terbagi menjadi lima bagian. Disetiap ruang terdapat 3-4 biji yang juga berbulu dan menyerupai bentuk ginjal. Biji yang masih muda berwarna putih sedang jika sudah tua berwarna cokelat (Mardiah.dkk,2009).
Kandungan dan Manfaat Bunga Rosella
Kandungan vitamin dalam  bunga rosella cukup lengkap yaitu vitamin C, A, D, B1, B2 dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga rosella termasuk arginin dan lisin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, rosella juga mengadung protein dan kalsium. Bahkan kandungan vitamin C-nya 3 kali lebih banyak dari anggur hitam, 9 kali jeruk sitrus, 10 kali dari buah belimbing dan 2,5 kali dari jambu biji ( Devi.M,2009).
Kandungan omega 3 yang terdapat dalam kelopak bunga Rosella  bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak. Senyawa aktif yang terdapat dalam kelopak bunga rosella adalah gossypetin dan antosianin yang merupakan golongan  senyawa flavonoid  yang dapat memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan  darah tinggi serta meningkatkan kinerja usus dan sebagai antibakteri.
Tabel Nilai gizi per 100 g bagian kelopak bunga Rosella
Komposisi
Bunga
Kalori (kalori)
49
Air (%)
84,5
Protein (gram)
1,145
Lemak (gram)
2,61
Karbohidrat (%)
12,3
Serat (gram)
12
Abu (gram)
6,9
Ca (mg)
1,263
Fe (mg)
273,2
Karoten (mg)
8,98
Asam askorbat (mg)
0,029
Niasin (mg)
6,7
Riboflavin (mg)
0,765
Fruktosa (%)
0,277
Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga rosella mempunyai efek anti- hipertensi, kram otot dan anti infeksi bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga rosella mengurangi efek alcohol pada tubuh kita,  mencegah pembentukan batu ginjal dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi ( Devi.M,2009).
Adapun beberapa manfaat dari  bunga Rosella adalah sebagai berikut:
  1. Mencegah kekurangan vitamin C 
  2. Melancarkan peredaran darah 
  3. Melancarkan buang air besar 
  4. Pereda batuk 
  5. Mengobati luka akibat gigitan serangga 
  6. Membantu proses pencernaan
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar