Klasifikasi Perilaku Kesehatan

Perilaku kesehatan dapat di klasifikasikan kedalam beberapa kelompok. Klasifikasi perilaku kesehatan seperti pemeliharaan kesehatan, perilaku pengggunaan fasilitas kesehatan dan perilaku kesehatan lingkungan. Perilaku kesehatan menurut Notoatmodjo (2003) adalah suatu respon seseorang (organisme) terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sakit atau penyakit, sistim pelayanan kesehatan, makanan, dan minuman, serta lingkungan.
Dari batasan ini, perilaku kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok:
  1. Perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintenance). Adalah perilaku atau usaha-usaha seseorang untuk memelihara atau menjaga kesehatan agar tidak sakit dan usaha untuk penyembuhan bilamana sakit. 
  2. Perilaku pencarian atau penggunaan sistem atau fasilitas kesehatan, atas sering disebut perilaku pencairan pengobatan (health seeking behavior). Perilaku ini adalah menyangkut upaya atau tindakan seseorang pada saat menderita penyakit dan atau kecelakaan. 
  3. Perilaku kesehatan lingkungan --- Adalah apabila seseorang merespon lingkungan, baik lingkungan fisik maupun sosial budaya, dan sebagainya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال