Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Berlangsungnya aktivitas komunikasi antar pribadi sebagai suatu proses yang melibatkan komponen yang ada di dalamnya. Tujuannya menumbuhkan pengertian serta pemahaman yang dapat mengubah sikap, pendapat dan perilaku yang turut serta dalam komunikasi.
Sehubungan dengan itu Lawrence dan Schram, (1997) memberikan pengertian: “Penggunaan bersama berarti suatu hal yang dilakukan oleh dua orang atau lebih bersama-sama, suatu hal dimana mereka berpartisipasi secara bergabung atau bersama. Berpartisipasi berarti berinteraksi dengan pihakpihak lain dalam buah pikiran, perasaan atau kegiatan tertentu”.
Fokus pandangan dari uraian yang dikemukakan tersebut memandang proses komunikasi antar pribadi sebagai keikutsertaan dari beberapa orang dalam bentuk gagasan serta tindakan dari awal hingga tercapai tujuan bersama. Berpartisipasi berarti bersedia dan bertanggung jawab pada setiap kegiatan yang dikomunikasikan atau dilaksanakan.
Laswell dalam Onong (1986) mengemukakan proses komunikasi sebagai berikut:
  1. Komunikasi (communicator, source, sender) 
  2. Pesan (message) 
  3. Komunikan (communicant, communicate, receiver) 
  4. Efek (efect, impact, influence)
Fungsi komunikasi adalah sebagai berikut:
Informasi massa
Dengan adanya komunikasi yang memberikan informasi mengenai arti kunci dan penting mengenai kejadian-kejadian. Komunikasi memberikan informasi atau memberikan pesan atau bertukar informasi dari satu individu kepada individu yang lain. Informasi berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai suatu hal dari satu individu ke individu yang lain. Komunikasi berguna untuk memberikan informasi untuk mempelajari ancaman-ancaman dan kesempatan-kesempatan, untuk memahami lingkungan, untuk mencoba realitas dan untuk membuat keputusan.
Pendidikan massa
Komunikasi berguna untuk memberikan pengajaran untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang penting untuk memfungsikan secara efektif dalam komunitas, untuk mempelajari nilai-nilai, perilaku dan peranan yang tepat terhadap penerimaan di komunitas.
Pembujukan massa
Komunikasi berfungsi untuk membujuk untuk mencapai keputusan, untuk menggunakan nilai-nilai, perilaku dan peranan yang tepat terhadap penerimaan dalam komunitas.
Hiburan massa
Komunikasi berfungsi untuk menyenangkan, untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan penerima, untuk kesenangan, santai, dihibur, dan dialihkan dari masalah-masalah. Proses komunikasi antar pribadi yang terjadi ini termasuk ke dalam proses komunikasi secara primer. Hal ini terjadi karena media yang digunakan adalah bahasa verbal dan non verbal (Onong, 1986) mengemukakan bahwa lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah bahasa kiasan, isyarat, gambar, warna dan lain sebagainya yang secara langsung mampu “menterjemahkan” pikiran atau perasaan komunikasi kepada komunikan.
Berdasarkan urain yang dikemukakan Onong diatas jelas bahwa proses komunikasi antar pribadi yang terjadi antara orang tua dan remaja adalah secara primer. Dalam proses komunikasi yang berlangsung, media yang digunakan adalah bahasa lisan, tulisan dan isyarat yang secara langsung mampu menerjemahkan pikiran dan perasaan remaja kepada orang tua, dan sebaliknya perasaan orang tua kepada remaja.
Menurut Nawawi (1984) bahwa dalam proses komunikasi yang berlangsung perlu diperhatikan yakni: “Unsur-unsur dalam proses komunikasi antar pribadi dipandang sebagai suatu hal yang tidak terpisahkan dan juga merupakan tindakan yang harus dilakukan agar komunikasi berlangsung. Semua unsur proses ini saling memperngaruhi dan unsur yang dibahas tadi adalah terpokok dalam komunikasi”.
Dengan demikian unsur atau komponen pokok yang ada dalam proses komunikasi antar pribadi merupakan jalinan kesatuan yang jika salah satu diantaranya tidak ada maka komunikasi itu gagal atau pincang. Selain itu ada komponen lain yang turut mempengaruhi jalannya proses komunikasi antar pribadi ini, antara lain suasana diri komunikator atau komunikan, nilai dan norma, dan hambatan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar