Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Efficacy

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi self efficacy. Menurut Bandura (1997), faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy, adalah sebagai berikut:
Budaya
Budaya mempengaruhi self efficacy melalui nilai (value), kepercayaan (belief), dan self regulatory process yang berfungsi sebagai sumber penilaian self efficacy dan juga sebagai konsekuensi dari keyakinan akan self efficacy.
Gender
Perbedaan gender berpengaruh terhadap self efficacy. Wanita lebih memiliki self efficacy yang tinggi dalam mengelola perannya.
Sifat dari tugas yang dihadapi
Kompleksitas dari kesulitan tugas yang dihadapi oleh seseorang mempengaruhi penilaian individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan tugas tersebut, semakin kompleks dan sulit suatu tugas yang dihadapi oleh individu maka semakin rendah individu tersebut menilai diri dan kemampuannya, sebaliknya jika individu merasa bahwa ia menghadapi tugas yang mudah dan sederhana, maka semakin tinggi individu tersebut menilai tentang diri dan kemampuannnya.
Insentif eksternal (reward) yang diterima individu dari orang lain
Jika individu berhasil mengerjakan tugasnya dengan baik dan diberi reward yang positif oleh orang lain akan meningkatkan self efficacy, semakin besar reward tersebut semakin besar self efficacy.
Status atau peran individu dalam lingkungan
Seseorang yang memiliki status yang lebih tinggi akan memperoleh derajat kontrol yang lebih besar, sehingga self efficacy yang dimilikinya juga tinggi, sedangkan orang yang memiliki status yeang lebih rendah akan memiliki self efficacy yang rendah juga.
 Informasi tentang kemampuan diri
Informasi yang diperoleh seseorang tentang kemampuan diri sangat mempengaruhi self efficacy orang tersebut. Self efficacy akan meningkat atau menjadi lebih tinggi apabila seseorang memperoleh informasi positif tentang kemampuan dirinya, sebaliknya self efficacy individu akan menurun apabila individu tersebut memperoleh informasi yang negatif tentang kemampuan yang dimilikinya.
Lahey (2004) menambahkan, meskipun persepsi seseorang terhadap self efficacy dipelajari dari yang orang lain katakan, dari kegagalan dan kesuksesan, dan dari sumber lain, self efficacy mempengaruhi seseorang dari dalam diri sendiri.
Jadi dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy adalah budaya, gender, sifat dari tugas yang dihadapi, insentif eksternal yang diterima individu dari orang lain, status atau peran individu dalam lingkungan, informasi tentang kemampuan diri, kegagalan dan kesuksesan, namun disamping itu self efficacy mempengaruhi seseorang dari dalam diri sendiri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال