Bakteri Asam Laktat

Bakteri asam laktat masuk sebagai golongan probiotik. Konsep bakteri asam laktat adalah nama grup yang diciptakan untuk bakteri yang menyebabkan fermentasi dan koagulasi susu, serta dapat menghasilkan asam laktat dari laktosa. Nama family Lactobacteriaceae diterapkan oleh Orla-Jensen, (1919) kepada sekelompok bakteri yang menghasilkan asam laktat sendiri atau asam asetat dan asam laktat, alkohol dan karbon dioksida.
Bakteri asam laktat adalah kelompok bakteri Gram-positif yang disatukan mengikut karakteristik morfologi, metabolisme, dan fisiologis. Mereka adalah non-spore, fermentasi karbohidrat-produksi asam laktat, tahan asam dalam keadaan non-aerobik dan katalase negatif.Biasanya mereka adalah non-motile dan tidak mereduksi nitrit. Mereka dibagi menjadi empat genus Streptococcus, Leuconstoc, Pediococcus, dan Lactobacillus.
Revisi taksonomi terbaru menunjukkan bahwa bakteri asam laktat kelompok bisa terdiri dari genera Aerococcus, Carnobacterium, Enterococcus, Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, Pediococcus, Streptococcus, Tetragenococcus, dan Vagococcus. Awalnya, bifido termasuk dalam genus Lactobacillus dan organisme ini disebut sebagai Lactobacillus bifidus.
Klasifikasi bakteri asam laktat ke dalam genus berbeda sebagian besar didasarkan pada morfologi, cara fermentasi glukosa, pertumbuhan pada temperatur yang berbeda, dan konfigurasi dari asam laktat yang dihasilkan, kemampuan untuk tumbuh pada konsentrasi garam tinggi, toleransi pada asam atau basa (Lee dan Salminen, 2009).
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar